Iran Langsung Ancam AS Usai Jenderal Dibunuh, Kode 'Perang Dunia III'?
Dunia

Operasi pembunuhan terhadap pimpinan militer Iran, Mayjen Qasem Soleimani, atas perintah Presiden AS membuat publik khawatir akan terjadi Perang Dunia Ke-3. Kekhawatiran ini pun diperkuat dengan ancaman balik dari Iran.

WowKeren - Publik dunia tengah dibuat heboh dengan berita terbunuhnya Komandan Pasukan Elit Quds Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani. Diketahui pimpinan pasukan elit itu terbunuh ketika rombongannya baru mendarat di Bandara Internasional Irak pada Jumat (3/1).

Yang lebih membuat heboh, Soleimani diketahui meninggal dalam operasi penyerangan yang diperintahkan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Hal ini pun telah dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan AS alias Pentagon, dengan dalih "tindakan defensif untuk melindungi personel AS di luar negeri".

Terbunuhnya sang pimpinan pasukan elit pun membuat Iran geram. Tak main-main, Iran langsung bersumpah, mengancam akan membalas dendam pada Amerika Serikat dan Trump.

Ancaman ini disampaikan secara resmi oleh Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Zarif mengklaim serangan terhadap Soleimani merupakan bentuk aksi yang bodoh dan berbahaya. "Amerika Serikat bertanggung jawab penuh atas seluruh hal yang terjadi," ucap Zarif lewat Twitter, dikutip dari CNBC, Jumat (3/1).


Ancaman ini pun turut disampaikan oleh dua tokoh berbeda. Seperti Menteri Pertahanan Iran, Amir Hatami, yang bersumpah akan membalas dendam pada seluruh pihak yang bertanggung jawab atas kematian Soleimani.

"Kami akan menuntut balas atas kematian Soleimani. Kami akan menuntut pertanggungjawaban dari seluruh pihak yang terlibat atas pembunuhannya," ujar Hatami lewat rilis pers resminya.

"Tewasnya Soleimani akan membuat Iran lebih defensif untuk menangkal upaya ekspansi Amerika Serikat sekaligus mempertahankan nilai-nilai Islam yang kami anut," imbuh Presiden Iran Hassan Rouhani dalam kesempatan berbeda. "Tanpa keraguan, Iran dan negeri-negeri pencari kebebasan lain di daerah ini akan menuntut balas kepada AS."

Ancaman ini seolah menegaskan dampak yang diperkirakan akan terjadi usai Amerika Serikat mengonfirmasi keterlibatannya dalam operasi pembunuhan Soleimani. Sebagai pengingat, operasi ini memang sempat membuat gempar dunia lantaran khawatir akan memicu terjadinya perang antara AS dengan Iran.

Sejumlah kata kunci terkait pun menjadi trending topic Twitter di seluruh dunia. Mulai dari Perang Dunia ke-3 alias "World War III", "WWIII", "Iran", "Soleimani", hingga Timur Tengah alias "Middle East".

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait