Ogah Banjir Terjadi di Ibu Kota Baru, Menteri PUPR Basuki Beri Aturan Ini
Nasional

Banjir besar yang melanda DKI Jakarta terus menyita perhatian, apalagi karena posisinya sebagai Ibu Kota Indonesia. Oleh karenanya, Menteri PUPR Basuki berharap banjir tak akan 'menular' ke Ibu Kota baru.

WowKeren - Banjir besar yang terjadi di DKI Jakarta terus menyita perhatian khalayak luas. Apalagi karena posisi DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia pun membuat perhatian terus terarah pada bencana ini.

Kejadian ini pun tak lepas dari pengamatan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Menteri yang dikenal kocak ini pun mengaitkan situasi di DKI Jakarta kini dengan rencana kepindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur.

Sama-sama berstatus sebagai Ibu Kota Indonesia, Basuki memastikan wilayah baru itu tak akan mengalami nasib yang sama seperti Jakarta. Ia memastikan pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi agar banjir tak menular ke kawasan Ibu Kota baru.

Salah satu antisipasi yang dilakukan adalah dengan membatasi jumlah penduduk di Ibu Kota baru, yakni maksimal 2,75 juta orang. Penetapan itu, jelas Basuki, telah disesuaikan dengan kondisi di Kalimantan Timur, meski ia tak merinci penjelasannya.


Lebih lanjut, Ibu Kota baru nantinya akan lebih didominasi kawasan hijau. Total sebanyak 70 persen dari wilayah Ibu Kota baru merupakan kawasan hijau. Porsi itu, imbuh Basuki, dipastikan tak akan berkurang dalam perencanaan pembangunan infrastruktur.

"Sudah dihitung berapa jumlah penduduknya yang akan ada di situ sebanyak 2,75 juta. Sebanyak 70 persen juga masih hijau," tegas Basuki, Jumat (3/1).

Lagipula, sambung Basuki, secara historis, wilayah Kalimantan Timur merupakan kawasan yang bebas dari banjir. Oleh karena itu ia meyakini Ibu Kota baru nantinya akan terbebas dari bencana banjir seperti DKI Jakarta saat ini.

"Dan sejarahnya tidak ada, bencananya juga minim," kata Basuki, seperti dilansir dari CNN Indonesia. Pernyataan Basuki ini seperti mengingatkan publik pada "ilmu cocoklogi" yang beberapa waktu belakangan viral di media sosial.

Sebagai pengingat, di postingan viral itu, seorang warganet membandingkan miniatur kepulauan Indonesia di TMII, Jakarta Timur yang terlihat terendam banjir hingga membuat hampir semua pulau terendam. Dari lima pulau besar Indonesia, hanya Kalimantan lah yang terlihat masih menyisakan banyak wilayah daratan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait