'1917' Melesat Naik di Puncak Box Office Usai Menang Penghargaan
Film

Usai menjadi film terbaik di ajang Golden Globes 2020, '1917' rupanya langsung sukses menggeser dominasi 'Star Wars: The Rise of Skywalker' di box office domestik.

WowKeren - Dominasi "Star Wars: The Rise of Skywalker" rupanya harus terhenti di pekan keempat penayangannya. Pasalnya, film terbaru garapan sutradara Sam Mendes, "1917", mendadak melesat naik ke peringkat pertama usai menduduki posisi ke-17 di pekan sebelumnya.

Di pekan ketiganya ini, "1917" tercatat meraup pendapatan hingga USD 36,5 juta dari pemutaran domestik. Lonjakan jumlah penonton film besutan Universal Pictures ini tentunya akibat "1917" berhasil membawa pulang piala Golden Globes Awards 2020 dan dinobatkan sebagai Film Terbaik.

Bukan cuma itu saja, Sam Mendes dan Universal Pictures sendiri juga bisa dibilang menerapkan strategi yang cukup cerdik untuk menyangkan film ini. Pasalnya, "1917" tadinya hanya diputar terbatas di sebelas bioskop pada dua minggu pertamanya. Kemudian diperluas ke lebih dari 3.400 teater pada akhir pekan setelah memenangkan penghargaan Golden Globes untuk kategori Sutradara Terbaik dan Film Terbaik.

Sedangkan "Star Wars: The Rise of Skywalker" harus puas berada di peringkat kedua dengan pendapatan domestik sebesar USD 15 juta pekan ini. Meski tergusur, namun seri terakhir saga "Star Wars" tersebut tercatat telah meraup USD 989 juta dari pemutaran global, di mana USD 478 juta berasal dari penayangan domestik dan USD 511 juta dari pemutaran internasional.


Hasil ini tentunya bisa dibilang cukup memuaskan, lantaran "Star Wars: The Rise of Skywalker" bersiap untuk bergabung dengan 1 billion dollar club seperti film-film Disney yang dirilis tahun 2019 lalu.

Terlepas dari hal tersebut, "1917" dan "Star Wars: The Rise of Skywalker sendiri dibuntuti oleh "Jumanji: The Next Level" yang masih menempati posisi kedua di box office domestik. Kemudian disusul oleh dua film baru, "Like A Boss" dan "Just Mercy".

Sementara itu, sejumlah film unggulan lainnya yang juga berhasil masuk dalam peringkat 10 besar box office antara lain "Little Women", "Underwater", "Frozen II", "Knives Out" yang dibintangi Chris Evans dan Daniel Craig, serta "Spies in Disguise".

Nah, berikut adalah peringkat 10 besar box office pekan ini:

  1. "1917" - USD 36,5 juta
  2. "Star Wars: The Rise of Skywalker" - USD 15 juta
  3. "Jumanji: The Next Level" - USD 14 juta
  4. "Like A Boss" - USD 10 juta
  5. "Just Mercy" - USD 10 juta
  6. "Little Women" - USD 7,6 juta
  7. "Underwater" - USD 7 juta
  8. "Frozen II" - USD 5,76 juta
  9. "Knives Out" - USD 5,725 juta
  10. "Spies in Disguise" - USD 5,1 juta
(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel