Diisukan Jadi Dirut Garuda Indonesia, Ignasius Jonan Beri Reaksi Begini
Nasional
Dirut Garuda Selundupkan Harley

Eks Menteri ESDM, Ignasius Jonan, menjadi salah satu sosok yang paling sering dikaitkan dengan posisi Dirut Garuda Indonesia. Mantan Dirut KAI itu pun angkat bicara soal isu yang ada.

WowKeren - Posisi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., hingga kini masih kosong usai ditinggalkan Ari Askhara akibat kasus penyelundupan kargo ilegal akhir tahun lalu. Kekinian posisi nomor satu di Garuda itu diisi oleh Pelaksana Tugas, yakni Fuad Rizal.

Menteri BUMN Erick Thohir pun bekerja cepat mencari calon petinggi baru bagi maskapai pelat merah tersebut. Sempat lama tak ada perkembangan, akhirnya Erick mengaku sudah mengantongi sejumlah nama untuk mengisi jajaran direksi.

Sebagai informasi, Erick memang berniat untuk merombak total jajaran direksi Garuda Indonesia. Pasalnya dalam kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton kala itu, tak hanya Ari, empat direksi lain pun ikut "disapu" Erick.

Publik pun berspekulasi soal nama yang mungkin menjadi Dirut Garuda Indonesia. Salah satu nama yang sangat dijagokan publik adalah eks Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Bukan sekali ini nama Jonan dikaitkan dengan posisi Dirut Garuda Indonesia. Bahkan jauh sebelum kasus penyelundupan itu terungkap, banyak pihak yang berharap Jonan ditarik menjadi petinggi BUMN lantaran tak lagi dipilih menjadi menteri.


Isu ini pun makin kencang berembus usai seorang di internal Garuda Indonesia menyebut Jonan sebagai calon kuat. Menanggapi isu tersebut, Jonan akhirnya angkat bicara.

Mantan Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) itu hanya memberi jawaban singkat lewat komentar Instagram-nya. "Regenerasilah," ujar Jonan, Senin (13/1) malam.

Jawaban yang sama kembali Jonan sampaikan ketika dihubungi awak media secara langsung. Menurut Jonan, diperlukan regenerasi di kalangan petinggi BUMN. Secara tersirat, ia pun meyakini Indonesia punya deretan golongan muda yang bisa mengembangkan Garuda Indonesia ke arah lebih baik.

Bila merujuk pada pernyataan Erick pekan lalu, sedianya komposisi direksi dan jajaran komisaris Garuda Indonesia akan disampaikan minggu ini. "Garuda insya Allah direksinya sudah ada dan jajaran komisarisnya masih minggu depan," kata Erick di Kantor Kementerian BUMN, Jumat (10/1).

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga memberi sinyal kuat calon Dirut Garuda Indonesia berasal dari kalangan eksternal. Harapannya sosok baru itu dapat membawa Garuda Indonesia ke kondisi yang lebih baik.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts