Virus Pneumonia Tiongkok Berisiko Menyebar, WHO Peringatkan Rumah Sakit Setempat
Dunia

Wabah Pneumonia di Tiongkok disebabkan oleh virus Corona. Virus ini sendiri memiliki risiko untuk menyebar secara tak langsung. Oleh karena itu WHO memperingatkan rumah sakit setempat.

WowKeren - Wabah pneumonia misterius yang menyerang wilayah Wuhan, Tiongkok hingga saat ini masih menjadi sorotan. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melakukan pengambilan sampel darah pasien dan memeriksanya.

Diketahui jika infeksi penyakit seperti pneumonia disebabkan oleh virus corona. Coronavirus adalah sebuah virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan seperti flu biasa hingga penyakit parah seperti SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS-CoV. Penyakit ini disebut sangat berbahaya karena tingkat kematiannya yang tinggi.

Karena itu, WHO memperingatkan kepada para warga Tiongkok jika virus tersebut memiliki potensi untuk menyebar. Meski sejauh ini hanya ada penularan "terbatas" virus tersebut dari manusia-ke-manusia, yakni dalam kelompok kecil keluarga. Tapi mereka tetap diharap untuk berhati-hati agar virus tersebut tak menyebar.


Maria Van Kerkhove, dokter penjabat kepala unit WHO untuk penyakit menular, dalam konferensi pers di Jenewa mengatakan jika pihaknya telah memberikan panduan kepada rumah sakit di seluruh dunia soal pengendalian infeksi, kalau-kalau kasus itu menyebar. "Ini adalah sesuatu yang masuk pada radar kami, ini bisa saja terjadi, kita perlu mempersiapkan diri," katanya dilansir Reuters, Rabu (15/1).

Sebelumnya telah diketahui secara keseluruhan ada 41 kasus pneumonia yang muncul di kota Wuhan, Tiongkok. Sebagian besar diduga menular melalui paparan di sebuah pasar ikan atau makanan laut.

Satu kasus di antaranya, yakni seorang pria berusia 61 tahun diketahui berujung fatal. Sementara tujuh orang, menurut otoritas kesehatan Wuhan, masih dalam kondisi kritis hingga Sabtu lalu.

?

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait