BIN Sudah Lama 'Cium' Keberadaan Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire
Nasional

Badan Intelijen Negara (BIN) mengklaim jika pihaknya telah mencium keberadaan sejumlah kerajaan-kerajaan fiktif di beberapa wilayah Indonesia sejak lama.

WowKeren - Kemunculan kerajaan-kerajaan fiktif belakangan terakhir di sejumlah wilayah Indonesia telah menggemparkan masyarakat. Belum selesai kehebohan atas munculnya Keraton Agung Sejagat di Puworejo, warga kembali dikejutkan dengan adanya Sunda Empire yang merupakan Kerajaan Matahari.

Ternyata, keberadaan kerajaan-kerajaan fiktif di sejumlah wilayah Indonesia telah terdeteksi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) sejak lama. Meski demikian, fenomena Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire disebutkan BIN memang baru muncul secara menghebohkan belakangan ini.

"Kami sudah mendeteksi itu lama, mungkin baru muncul sekarang," kata Kepala BIN Budi Gunawan saat ditemui di Hotel Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Sabtu (18/1). "Itu semuanya lama."

Menurut BIN, pengamatan yang telah dilakukan pihaknya mengungkap jika beberapa kerajaan yang muncul tersebut memang bagian dari keraton Nusantara. Namun, BIN menyatakan jika kepolisian akan tetap memproses kerajaan-kerajaan fiktif yang telah melakukan unsur pidana.


"Yang penting ada memang keraton-keraton yang tergabung dalam kerajaan Nusantara," jelas Budi Gunawan. "Lain hal kalau ada unsur pidana di dalamnya, di antaranya sekarang yang dikembangkan masalah penipuan dan lain-lain, itu yang ditelusuri."

Sementara itu, kepolisian hingga saat ini masih menyelidiki keberadaan Sunda Empire yang berada di Bandung. Penyelidikan dilakukan guna mengetahui secara menyeluruh terkait komunitas di Sunda Empire.

"Kami hanya sedang melakukan pendalaman, lagi mendalami komunitas itu," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso saat dihubungi, Sabtu (18/1). "Kami kan belum tahu apakah itu ormas atau apa, makanya masih kami pelajari, masih pendalaman dengan melakukan penyelidikan."

Selain kepolisian, Pemerintah Kota Bandung melalui Kesbangpol masih menelusuri kehebohan dari Sunda Empire. Penelusuran ini diharapkan agar dapat mengetahui apakah Sunda Empire telah melanggar hukum atau tidak.

"Akan menelusuri dulu," ucap Kepala Kesbangpol Kota Bandung Ferdi Ligaswara saat dikonfirmasi, Jumat (17/1). "Tentu saja kan itu ada ranah hukumnya, sementara kita kan negara hukum. Jangan membuat kegaduhan atau hal-hal yang berbenturan dengan aturan."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait