BPBD Sebut Lokasi Kapal Wartawan Terbalik di Labuan Bajo Memang Rawan
Nasional

Kepala BPBD Manggarai Barat Dominikus Hawan menuturkan bahwa di area tempat kapal pinisi yang membawa rombongan wartawan terbalik, memang sering terjadi kapal tenggelam.

WowKeren - Kapal pinisi yang membawa rombongan wartawan Istana Kepresidenan tenggelam di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Selasa (21/1). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun ikut angkat bicara mengenai hal ini.

Kepala BPBD Manggarai Barat Dominikus Hawan mengatakan bahwa di lokasi tersebut memang acap kali terjadi kapal tenggelam. "Di sekitar situ kapal tenggelam sangat sering. Saat ini kadang-kadang terjadi sekali sebulan," kata Dominikus dilansir Republika, Selasa (22/1).

Insiden tersebut terjadi di bagian timur Pulau Bidadari. Kapal tenggelam disebabkan karena kondisi cuaca yang tiba-tiba berembus angin kencang dan gelombang tinggi. Pasalnya, beberapa saat sebelumnya kondisi cuaca masih cerah. Bahkan kecepatan angin saat kejadian disebut mencapai 20 knot.

"Info dari BMKG angin datang secara tiba-tiba pada saat kejadian," kata Dominikus. "Yang disertai dengan gelombang tinggi."


Insiden tersebut terjadi usai para wartawan meliput kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Labuan Bajo pada Minggu (19/1) hingga Selasa (21/1). Saat presiden kembali ke Jakarta, sejumlah wartawan memilih pergi menuju Pulau Bidadari.

"Namun saat hendak kembali ke bibir pantai, terjadi perubahan cuaca mendadak," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam siaran pers. "Ombak tinggi dan angin kencang menghantam kapal hingga terbalik."

Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Manggarai Barat Sti Nenot'ek mengungkapkan bahwa sejak awal tahun cuaca di Labuan Bajo memang terjadi angin kencang dan gelombang tinggi. Hal ini lantaran kawasan tersebut masuk ke dalam musim barat.

Selain faktor cuaca, Sti menilai bahwa kondisi kesiapan kapal tersebut juga masih kurang. Ia menduga bahwa kapal bisa terbalik lantaran layarnya tak kuat menahan angin yang tiba-tiba berembus kencang.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru