Menteri Pratikno Bakal Surati Anies Minta Revitalisasi Monas Disetop
Nasional

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengakui jika dalam pelaksanaan proyek revitalisasi Monas yang dilakukan Pemprov DKI, ada prosedur yang belum dilalui.

WowKeren - Revitalisasi Monumen Nasional yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta banyak ditentang oleh berbagai pihak. Menteri Sekretaris Negara Pratikno ikut menanggapi pro-kontra revitalisasi Monas ini.

Pratikno meminta agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghentikan sementara proyek tersebut. Sebab dalam prosesnya, ada prosedur yang belum dilaksanakan.

"Ya karena jelas ada prosedur yang belum dilalui," kata Pratikno di kantornya, Jakarta, Senin (27/1). "Ya kita minta untuk disetop dulu. Kita surati aja."

Surat tersebut, dikatakan Pratikno, akan dikirimkan secepatnya. Ia sendiri telah menerima surat pengajuan izin dari Anies yang dikirim pada Jumat (24/1) lalu.


Meski demikian, surat persetujuan tersebut harus melalui Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang diketuai Pratikno. "Jadi secara prosedural memang kami minta kepada Pemprov DKI untuk meminta persetujuan dulu kepada komisi pengarah. Bagaimana nanti tanggapan komisi pengarah, itulah nanti yang akan dilakukan di rapat penuh," tuturnya.

Oleh sebab itu, ia berniat untuk menggelar rapat komisi pengarah secepatnya. Ia mengatakan telah mendapat masukan dari berbagai pihak terkait proyek tersebut. Terlebih lagi Pemprov DKI juga akan menjadi penyelenggara ajang bergengsi Formula E yang masuk kawasan Monas.

"Jadi sudah banyak sekali tadi masukan-masukan kaitannya dengan aspek, terutama sekali aspek lingkungan," ujar Pratikno. "Kan ada juga rencana penyelenggaraan formula-E yang masuk ke kawasan Monas. Itu juga kami diskusikan."

Jika Anies tetap ingin melanjutkan revitalisasi tersebut, maka ia harus mengikuti prosedur yang ada. "Bukan kali ini saja, tapi sejak Pak Sutiyoso, Pak Foke, Pak Jokowi juga sudah dilakukan. Ini keempat kali yang akan direvitalisasi dan oleh Pak Anies harus ada prosedur itu," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi sempat melakukan sidak proyek revitalisasi ini. Saat sampai di kawasan Monas, Prasetyo pun mengaku kaget. "Saya pikir Monas daerah ring satu, daerah penyerapan, dan tata ruang RPTRA-nya ini ruang hijau, kok dibuat seperti ini?" tutur Prasetyo di lokasi pada Senin (27/1).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait