Heboh Virus Corona, Ini Alasan Pemerintah Indonesia Belum Keluarkan Travel Warning ke Tiongkok
Nasional

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sejauh ini pemerintah Indonesia hanya mengimbau masyarakat untuk tidak mengunjungi Kota Wuhan yang diidentifikasi sebagai wilayah penyebaran virus Corona.

WowKeren - Mewabahnya virus Corona kini tengah menjadi perhatian masyarakat. Diketahui, virus mematikan ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok.

Meski demikian, pemerintah Indonesia hingga kini masih belum mengeluarkan peringatan alias travel warning ke Tiongkok. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, travel warning belum dikeluarkan lantaran pemerintah masih menunggu rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Budi Karya menyebut bahwa ia bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Luar Negeri baru akan membahas kemungkinan penerbitan travel warning ke Tiongkok usai WHO mengeluarkan rekomendasi.

"Patokannya adalah rekomendasi WHO," tegas Budi Karya dilansir CNN Indonesia pada Selasa (28/1). "Nanti, kalau WHO sudah merekomendasikan sesuatu, baru kami bersama Menkes dan Menlu akan membahas tentang kemungkinan-kemungkinan lain."

Budi Karya menerangkan bahwa sejauh ini pemerintah Indonesia hanya mengimbau masyarakat untuk tidak mengunjungi Kota Wuhan. Budi Karya menyebut langkah ini diambil karena baru Kota Wuhan yang diidentifikasi sebagai wilayah penyebaran virus Corona.


"Menkes jelas menyatakan saat ini hanya Wuhan yang diidentifikasi sebagai daerah yang harus dihindari dan Wuhan juga menutup," ungkap Budi Karya. "Karena itu, kita tidak ke Wuhan dan dari Wuhan tidak ke kita (Indonesia)."

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama menegaskan pihaknya tak akan melarang turis Tiongkok berkunjung ke Indonesia. Namun demikian ia berjanji akan menyusun strategi dan antisipasi terkait virus Corona.

"Beberapa hal kita lakukan untuk pencegahan," kata Wishnutama di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (27/1). "Agar lebih waspada, dan tidak melakukan pemasaran kepada daerah yang telah terpapar."

Di sisi lain, sejumlah negara telah mengeluarkan imbauan bagi warganya untuk menunda kepergian ke Tiongkok terkait dengan penyebaran virus Corona ini. Prancis dan Amerika Serikat bahkan berencana untuk mengevakuasi warganya yang berada di Wuhan.

Kabar terbaru, korban jiwa virus Corona terus bertambah dan kini telah mencapai 106 orang. Dilansir AFP pada Selasa (28/1), Tiongkok juga mendapat 1.300 kasus virus Corona baru. Apabila dihitung berdasarkan tingkat nasional dan penyebaran ke negara lain, jumlah pasien yang terinfeksi virus Corona telah mencapai 4 ribu orang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru