Makin Panik, WNI di Wuhan Ungkap Sesama Penghuni Apartemen Diduga Idap Virus Corona
Nasional
Wabah Virus Corona

Setidaknya ada belasan mahasiswa Indonesia di Wuhan, Tiongkok yang tak bisa kembali ke Tanah Air ketika virus Corona mewabah. Pasalnya Tiongkok mengisolasi ketat kota tersebut.

WowKeren - Situasi di Wuhan, Tiongkok memang terkendali, namun WNI yang terisolasi di sana semakin merasa panik. Pasalnya dilaporkan seorang penghuni apartemen yang sama dengan mereka diduga terinfeksi virus Corona.

Hal ini diungkap oleh Ketua Ranting Persatuan Pelajar Indonesia Tiongkok di Huazhong University of Science and Technology, Khoirul Umam Hasbiy. Menurut Khoirul, ada seorang mahasiswa Pakistan di apartemen itu yang diduga telah terpapar virus Corona.


"Iya, ini mahasiswa pertama di apartemen kita," ujar Khoirul melalui keterangan tertulisnya, Rabu (29/1). "Bisa dibayangkan apartemen (yang hanya ada) 1-2 lift kita gunakan bersama."

Menurut Khoirul, mahasiswa Pakistan itu dilaporkan mengalami sakit kepala yang cukup berat, sakit di sekujur tubuh, serta suhu tubuh yang sangat tinggi sampai 39 derajat Celsius. Gejala ini pun menimbulkan kekhawatiran bahwa sang mahasiswa Pakistan sudah terpapar virus mematikan tersebut.

Kekhawatiran semakin bertambah karena kantin kampus tidak buka kalah wabah virus Corona merebak. Alhasil para mahasiswa diharuskan berbelanja bahan makanan sendiri ke pasar. "Di pasar kita pasti berinteraksi dengan orang lokal," ungkap Khoirul, dilansir dari Kompas.

Situasi inilah yang membuat Khoirul dan kawan-kawan terpaksa "mengemis" agar pemerintah Indonesia merencanakan evakuasi terhadap mereka. Namun Khoirul mengaku bahwa pihaknya tak terlalu berharap rencana itu bisa dilaksanakan.

"(Kami butuh) evacuation plan, meskipun itu percuma dengan kondisi yang ada," pungkasnya. "Tapi at least ada harapan bagi kami untuk keluar dari Wuhan atau Hubei Province."

Namun kekinian pemerintah Indonesia tampaknya mulai merencanakan evakuasi atas WNI yang terisolasi di Wuhan. Hal ini terbukti dari TNI AU yang menyiagakan 3 pesawat untuk mengevakuasi para WNI tersebut.

"Terkait wabah virus Korona 2019-nCoV di Wuhan, China, hasil rapat @PolhukamRI, @Kemlu_RI, @KemenkesRI," cuit aku Twitter resmi TNI AU pada Rabu (29/1). "TNI AU telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan #TNIAU untuk mengevakuasi WNI."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts