Darurat Virus Corona, TNI AU Siapkan 3 Pesawat Untuk Evakuasi WNI di Wuhan
Nasional

Penyiagaan pesawat ini dilakukan sebagai hasil rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Kesehatan RI.

WowKeren - Penyebaran virus Corona diketahui telah mencapai sejumlah negara seperti Amerika Serikat hingga Korea Selatan. Virus baru ini diketahui pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok sendiri telah mengisolasi Kota Wuhan untuk mengatasi wabah virus Corona. Namun, sejumlah warga negara Indonesia (WNI) diketahui masih berada di Wuhan, termasuk para mahasiswa yang tengah menempuh studi di sana.

Tercatat, ada 244 WNI di Provinsi Hubei, Tiongkok. Sedangkan di Wuhan yang merupakan Ibu Kota Provinsi Hubei, terdapat 93 WNI.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara atau TNI AU lantas menyiagakan 3 pesawat untuk mengevakuasi para WNI tersebut. Ketiga pesawat yang dimaksud terdiri dari 2 unit Boeing B737 dan 1 unit Hercules C130.

Penyiagaan pesawat ini dilakukan sebagai hasil rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Kesehatan RI. Selain itu, TNI AU juga akan menyiagakan personel Batalyon Kesehatan untuk memulangkan WNI.


"Terkait wabah virus Korona 2019-nCoV di Wuhan, China, hasil rapat @PolhukamRI, @Kemlu_RI, @KemenkesRI," cuit aku Twitter resmi TNI AU pada Rabu (29/1). "TNI AU telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan #TNIAU untuk mengevakuasi WNI."

TNI AU

Twitter

Langkah TNI AU untuk menyiagakan pesawat dan personel ini lantas mendapat pujian dari warganet. Selain itu, warganet juga berharap pemerintah telah menyiapkan fasilitas untuk WNI yang telah dievakuasi.

"Moga2 fasilitas karantina nya juga sudah disiapkan dan memadai untuk wni yg dievakuasi," tulis akun @si***tz. "Alhamdulillah paling tdk sdh direncanakan evakuasinya.. menunggu lobby diplomasi Pemerintah utk dapat segera memulangkan WNI ke tanah air..pasti orang tua dan keluarganya sangat mengharapkan kepulangan mereka .. smg berhasil lobby2 pemerintah," komentar akun @4N***ne.

Di sisi lain, rencana evakuasi ini telah sejalan dengan keinginan mahasiswa yang berada di Wuhan. Ketua Ranting Persatuan Pelajar Indonesia Tiongkok di Huangzhong University of Science and Technology, Khoirul, sangat berharap pemerintah Indonesia segera menyiapkan rencana evakuasi untuk WNI di Wuhan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait