Tjahjo Kumolo Usul PNS Pensiun Minimal Dapat Rp 1 Miliar
Nasional

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa hal itu merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang tengah dijalankan pemerintah.

WowKeren - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengusulkan agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pensiun mendapatkan uang sebesar Rp 1 miliar. Ia mengatakan bahwa hal ini telah dibicarakan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Saya juga sudah meminta kalau begitu ASN pensiun, itu kalau bisa minimal dapat Rp 1 miliar," kata Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (17/2). Menurutnya, pemerintah memang memiliki program untuk menaikkan jumlah uang pensiun, tak hanya untuk para PNS namun juga TNI dan Polri.


Lebih lanjut, ia berharap agar pengelolaan pensiunan untuk TNI dan Polri tak lagi dikelola PT Asabri (Persero), namun dialihkan ke PT Taspen (Persero). Hal itu tak terlepas dari kasus keuangan yang melanda Asabri.

"Kalau boleh Asabri pindah aja ke Taspen," lanjut Tjahjo. "Hampir 60 persen warga TNI dan Polri uangnya meluap gak tau ke mana di situ."

Tjahjo menjelaskan bahwa menambah uang pensiun bagi para PNS juga merupakan bagian dari reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi, dikatakannya, tidak hanya bagaimana tentang melakukan pemangkasan terhadap jajaran eselon.

Reformasi birokrasi juga mencakup bagaimana pengelolaan tunjangan kerja dan peningkatan gaji. "Juga mengidentifikasi struktur jabatan yang ada dan memilah mana yang bisa masuk ke jabatan fungsional dan mana yang tidak, sampai pada tunjangan kerja, pada peningkatan gaji, dan sistem pemberian pensiun," ujarnya.

Seperti diketahui, reformasi birokrasi merupakan satu dari visi dan misi Presiden Joko Widodo alias Jokowi dalam pemerintahannya lima tahun ke depan. Jokowi mantap untuk melaksanakan rencananya memangkas jabatan eselon. Rencananya hal itu akan dilakukan dengan menggantinya dengan robot pintar atau AI.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts