WNI di Diamond Princess Minta Dijemput Pakai Pesawat, Kemenhub Justru Usul Evakuasi Lewat Moda Laut
Nasional

Pemerintah sendiri diketahui memiliki 2 opsi pemulangan para WNI di Diamond Princess, yakni dengan menggunakan jalur laut atau udara. Para WNI di Diamond Princess pun meminta dijemput lewat jalur udara untuk mempersingkat waktu.

WowKeren - Para warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess hingga kini masih berada di Jepang. Mereka pun telah mengirimkan pesan untuk Presiden Joko Widodo dan meminta dijemput dengan menggunakan pesawat.

Pemerintah sendiri diketahui memiliki 2 opsi pemulangan 74 WNI di Diamond Princess, yakni dengan menggunakan jalur laut atau udara. Para WNI di Diamond Princess pun meminta dijemput lewat jalur udara untuk mempersingkat waktu.

Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan pemulangan WNI di Diamond Princess dengan menggunakan moda transportasi laut. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati.

"Saya dapat info memang dari teman-teman di Kemenkes dan juga dari beberapa (teman) WHO, bahwa masa inkubasi (virus Corona) ini kayaknya mengalami, istilahnya, lebih panjang, tapi nanti Kemenkes yang akan menetapkan," terang Adita di Kantor Kemenhub, Jakarta, pada Senin (24/2) hari ini. "Kemungkinan mungkin (kami usul) transportasi laut itu akan menjadi sesuatu yang lebih tepat."


Meski demikian, Adita menekankan bahwa pihaknya masih akan menunggu keputusan dari Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) serta Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam). Pasalnya, kedua Kemenko tersebut menjadi koordinator dalam upaya mitigasi WNI.

"Tapi ini kan kembali lagi memutuskan akan ada dari Kemenko PMK, jadi ada dua ini (Kementerian PMK dan Menkopolhukam) yang jadi leading sektor," jelas Adita. "Kalau dari kami basically, apapun nanti yang di-request, dari Kemenhub dalam arti mungkin menyediakan modanya kalau memang itu dibutuhkan dari Kemenhub, kami pasti siap."

Diketahui, terdapat 78 WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess. Namun, 4 di antaranya telah dinyatakan positif terjangkit virus Corona dan dirawat di rumah sakit Jepang. Para WNI di Diamond Princess yang dinyatakan sehat pun meminta agar mereka segera dipulangkan ke Tanah Air.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri mengaku bahwa saat ini pemerintah tengah mempertimbangkan opsi transportasi untuk evakuasi para WNI itu. Budi Karya berjanji bahwa nasib para WNI tersebut akan diputuskan pada Selasa (25/2) besok.

"Rencananya Selasa pekan depan akan ada rapat," ujar Budi Karya di Rancaekek, Jawa Barat, Minggu (23/2). "Untuk membahas pemulangan WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess, menggunakan apa."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait