Kerusuhan Umat Hindu-Islam di India Makan Korban Jiwa 17 Orang, #ShameOnYouIndia Bergema di Twitter
Twitter
Dunia

Kerusuhan yang terjadi antara umat Hindu dan Muslim di India menjadi sorotan warganet lantaran memakan banyak korban jiwa. Buntut kejadian ini, tagar #ShameOnYouIndia menempati di posisi trending topic Twitter.

WowKeren - Terjadi kerusuhan di tengah aksi demonstrasi anti Undang-Undang Kewarganegaraan di Ibu Kota New Delhi, India, pada Senin (25/2). Unjuk rasa ini sendiri berlangsung bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Kericuhan tersebut bermula dari demonstrasi kecil menentang Undang-Undang Kewarganegaraan. UU kontroversial itu mengizinkan India memberi status kewarganegaraan terhadap imigran yang menerima persekusi di negara asalnya seperti Bangladesh, Pakistan, dan Afghanistan. Namun, UU tersebut hanya berlaku bagi imigran pemeluk agama Hindu, Kristen, dan agama minoritas lainnya selain Muslim.

Sayangnya, unjuk rasa tersebut meluas hingga menjadi rusuh setelah umat Hindu dan umat Muslim saling melempar batu. Bahkan, beberapa orang yang terlibat dalam kerusuhan dilaporkan membawa pedang dan senjata lainnya.

Media lokal melaporkan bahwa polisi sempat menembakkan gas air mata untuk membubarkan para perusuh tersebut. "Sekarang saya dapat mengonfirmasi 17 kematian," kata pejabat Rumah Sakit Guru Teg Bahadur, Rajesh Kalra dikutip dari AFP. "Setidaknya 150 orang telah dibawa ke rumah sakit ini dengan luka dan cedera lainnya."

Lebih lanjut, Rajesh memaparkan belasan orang dari ratusan yang terlibat bentrokan berada dalam kondisi kritis. Bahkan beberapa di antaranya ada yang menderita luka tembak.


Media penyiaran NDTV juga menuturkan tiga wartawan dan seorang juru kamera ikut diserang massa dalam kerusuhan itu. "Nyaris tidak ada kehadiran aparat kepolisian di daerah itu," kata seorang saksi mata di distrik Maujpur. "Para perusuh berlarian mengancam orang-orang dan merusak toko-toko."

Kerusuhan Umat Hindu-Islam di India Makan Korban Jiwa 17 Orang, #ShameOnYouIndia Bergema di Medsos

Twitter

Aksi kerusuhan tersebut tentunya menjadi sorotan warganet dari seluruh dunia. Bahkan tak sedikit video yang beredar di media sosial yang menampilkan aksi kekerasan umat hindu kepada umat muslim.

Beredarnya video ini tentunya membuat warganet mengutuk aksi tersebut. Karenanya para warganet pun berbondong-bondong untuk menggemakan tagar #ShameOnYouIndia.

Hingga Kamis (27/2) pagi, tagar #ShameOnYouIndia masih menempati posisi yang cukup tinggi di trending topic Twitter Indonesia. Tagar ini sendiri telah dicuitkan sebanyak lebih dari 37 ribu kali oleh para pengguna Twitter.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait