Dikritik Usai Absen Rapat Banjir Demi TikTok, Ridwan Kamil Langsung Batal ke Luar Negeri
Nasional

Ridwan mangkir dari rapat koordinasi penanganan banjir Jabodetabek dengan Komisi V DPR RI karena menjadi pembicara di Australia. Namun Ridwan rupanya sempat 'bersenang-senang' di sana.

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu kepala daerah yang belakangan menjadi sorotan. Hal ini tak lepas dari mangkirnya Ridwan bersama 2 gubernur lain, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Banten Wahidin Halim dari rapat koordinasi soal banjir dengan Komisi V DPR RI pada Rabu (26/2) kemarin.

Ketiganya pun absen dengan alasan yang berbeda-beda. Anies "mencatut" rakyat sebagai dalihnya tidak hadir dalam rapat, sedangkan Ridwan diketahui sedang melawat ke Australia dalam rangka menjadi pembicara di salah satu acara.

Namun kejadian di backstage acara tersebut lebih menarik perhatian publik. Pasalnya Ridwan bersama para pembicara lain, seperti aktris Cinta Laura dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Dino Patti Djalal sempat membuat video TikTok yang belakangan menuai hujatan warganet.

Ridwan dinilai tak memahami situasi Jabar sebagai salah satu wilayah terdampak banjir yang sedang terjadi saat ini. Dan bak memahami hujatan yang ia terima, Ridwan pun kini mencoba memperbaiki kesalahannya.


Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, Hermansyah, menyebut sang gubernur kini sudah kembali ke Indonesia. Bahkan pasca mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Ridwan dikabarkan langsung menuju lokasi banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang.

Menurut Hermansyah, Ridwan di sana dalam rangka meninjau langsung kondisi banjir. Ia pun memimpin rapat koordinasi dengan pemerintah daerah yang wilayahnya terdampak banjir.

"Ya tadi setelah landing di Husein, beliau langsung meluncur ke Subang," ungkap Hermansyah, Kamis (27/2). "Nanti akan ada rakor (rapat koordinasi) dengan pemda di sini untuk upaya tanggap darurat."

Tak hanya itu, Ridwan juga sigap membatalkan sejumlah lawatannya ke luar negeri. Pejabat yang akrab dipanggil Kang Emil itu mengaku ingin fokus berkoordinasi menangani banjir di Jabar.

"Ada banyak agenda yang beliau batalkan di luar negeri agar bisa langsung mengoordinasikan tanggap darurat banjir di beberapa wilayah di Jabar. Seperti kita tahu ada beberapa titik di Karawang, Bekasi, dan di sini (Subang) yang masih tergenang banjir," pungkas Hermansyah.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru