WHO Beri Peringatan Keras Negara Yang Belum Kena Corona: Awas Ada Kejutan!
commons.wikimedia.org
Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan keras terhadap negara-negara yang belum terdampak wabah virus corona agar tidak sesumbar terlalu percaya diri.

WowKeren - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan kerasnya terhadap negara-negara yang belum terkena wabah virus corona (covid-19). WHO menyatakan jika akan menjadi kesalahan yang begitu fatal jika negara-negara tersebut sesumbar tidak akan terkena virus corona.

Dilansir Reuters dan AFP, Direktur Jenderal (Dirjen) WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan bahwa negara-negara yang berpikir mereka aman dari virus corona meski mewaspadai adanya kejutan tak terduga dari virus ini. Ia mencontohkan Negara Italia yang saat ini menjadi negara di Eropa yang paling terpukul akibat wabah virus corona setelah ditemukan lebih dari 359 kasus dan dilaporkan menyebabkan 11 kematian.

"Tidak ada negara yang seharusnya beranggapan tidak akan mendapatkan kasus-kasus (virus corona), itu akan menjadi sebuah kesalahan fatal, secara harfiah," tegas Tedros memperingatkan, Jumat (28/2). "Dan saya bahkan mengatakan jika Anda melihat Italia, negara anggota G7, itu sungguh sebuah kejutan. Jadi bahkan banyak negara maju lainnya yang melihat kejutan, seharusnya memperkirakan beberapa kejutan."


Oleh sebab itu, ia mengimbau agar negara-negara tersebut bertindak agresif menerapkan berbagai langkah guna mencegah wabah ini. Apalagi, WHO telah menetapkan wabah corona sebagai "darurat Intenasional" sejak 30 Januari silam.


Selain itu, WHO juga mendorong negara-negara untuk mulai melakukan pemeriksaan, mempersiapkan bangsal karantinda dan kampanye upaya pencegahan pada publik. "Virus ini memiliki potensi pandemi. Ini bukan saatnya untuk takut. Inilah saatnya untuk mengambil tindakan untuk mencegah penularan dan menyelamatkan banyak nyawa," kata Tedros.

Pernyataan tersebut seolah menjadi peringatan bagi Indonesia. Terlebih, sejauh ini Indonesia masih menyatakan bebas dari wabah ini sehingga mengundang berbagai kecurigaan dari banyak negara lainnya. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat menilai jika Indonesia mungkin tidak mengetahui cara mendeteksi virus corona.

Selain Tiongkok, virus corona saat ini dilaporkan telah menyerang Korea Selatan, Singapura, Jepang, Hong Kong, Thailand, Taiwan, Malaysia, Jerman, Vietnam, Amerika Serikat, Australia, Macau, Uni Emirat Arab, dan Inggris. Selanjutnya virus ini juga ada di Kanada, Italia, Filipina, India, Iran, Rusia, Prancis, Spanyol, Nepal, Kamboja, Belgia, Finlandia, Swedia, Sri Lanka, Brazil, Yunani dan Mesir.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait