Karakter LGBTQ Disney di Film 'Onward' Kena Sensor di Rusia
Disney Animation Pictures
Film

Karakter LGBTQ pertama dalam sejarah film animasi Disney dan Pixar ini rupanya diperkenalkan lewat proyek 'Onward', yang dibintangi oleh Chris Pratt dan Tom Holland. Siapa?

WowKeren - Disney da Pixar diketahui telah membuat gebrakan baru di film animasi anyar mereka, "Onward". Bukan tanpa alasan, rupanya dalam film yang dibintangi oleh Tom Holland dan Chris Pratt ini, Disney dan Pixar secara terbuka bakal mengenalkan karakter LGBTQ pertama mereka. Karakter tersebut adalah Officer Specter, petugas polisi cyclop yang disuarakan oleh Lena Waithe.

Sebelumnya, telah dikonfirmasi bahwa identitas Specter adalah queer. Hal itu didasarkan dari salah satu dialognya yang berbunyi, "Putri pacar perempuanku menjambak rambutku."

Keputusan Disney untuk menampilkan karakter LGBTQ pertama dalam proyek animasi mereka ini rupanya menuai beragam komentar dari penggemar. Ada yang mendukung keputusan Disney untuk merepresentasikan karakter LGBTQ, namun ada pula yang menentang habis-habisan.

Bahkan laporan terbaru menyebut kalau Disney Rusia sengaja menyensor adegan yang menampilkan identitas Specter sebagai queer. Sebelumnya. Rusia memang dikenal kerap menyensor adegan yang menampilkan karakter LGBTQ. "Avengers: Endgame" juga pernah mengalami hal yang sama saat diputar pada 2019 lalu, tepatnya saat ada adegan yang menampilkan seorang pria mengaku sebagai gay.


Di sisi lain, menurut Kori Rae, salah seorang produser "Onward", perkembangan karakter LGBTQ tersebut sebenarnya terjadi tanpa disengaja. "Adegan itu, ketika kami menulisnya, hanya terasa sesuai dan sedikit lebih membuka dunia, dan itulah yang kami inginkan," katanya.

Meski tapa disengaja, namun mereka mengaku senang dengan adanya pengembangan karakter tersebut, yang bisa menjadi referensi dari kehidupan nyata dan mewakili kaum LGBTQ secara keseluruhan.

Sementara itu, "Onward" sendiri berkisah tentang dunia fantasi dan berpusat pada cerita dua saudara elf remaja, yaitu Barley dan Ian Lightfoot (Chris Pratt dan Tom Holland) yang memulai petualangan untuk menemukan sihir.

Film ini diarahkan oleh sutradara "Monsters University", Dan Scanlon, dan diciptakan oleh kreator "Toy Story 4" serta "The Incredibles". Proyek animasi ini sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2018 lalu. Namun Disney dan Pixar menundanya, dan akhirnya film ini baru akan dirilis pada 6 Maret mendatang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru