13 Orang Diisolasi, Kemenkes Sebut 4 Pasien Diduga Kuat Positif Corona
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Kemenkes mengungkap ada 13 pasien dari berbagai wilayah Indonesia yang diisolasi karena diduga terpapar virus Corona. Empat diantaranya pun diduga kuat terinfeksi virus tersebut.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah mengonfirmasi keberadaan 2 WNI dari Depok, Jawa Barat yang positif terinfeksi virus Corona. Kedua pasien positif itu pun kini tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

Di luar pasien yang sudah positif terjangkit itu, ternyata ada 13 orang lain yang dikategorikan suspect. Belasan orang itu kini diisolasi di rumah sakit yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Ke-13 pasien ini masuk golongan suspect berdasarkan hasil pemeriksaan atas sejumlah spesimen yang dikirim pihak rumah sakit. Tercatat setidaknya ada 227 spesimen yang dikirim dari 61 rumah sakit di 25 provinsi.

"Ada 13 kasus suspect juga berada di rumah sakit dan dalam kondisi diisolasi," terang Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/3). "Ini tentunya adalah kasus-kasus pasien dalam pengawasan. Ini yang kita lakukan."


Dari belasan kasus berstatus suspect itu, Kementerian Kesehatan rupanya mencurigai empat diantaranya terinfeksi virus Corona. Kecurigaan ini didasarkan pada fakta bahwa mereka pernah melakukan kontak langsung dengan salah satu pasien positif COVID-19 yang sedang dirawat.

"Jadi yang kontak dekat sudah observasi di rumah sakit," terang Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes itu, dilansir dari CNN Indonesia. "Empat diduga kuat suspect positif."

Kendati demikian, Yurianto menegaskan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium atas empat suspect itu. Namun kini keempatnya memang sedang mengalami gejala influenza sedang yang biasa ditemui di pasien positif Corona.

"Karena kita yakini dia pernah kontak dekat dengan kasus 1 dan 2 (yang positif Corona). Apalagi dari empat orang ini ada tanda-tanda influenza sedang," ujar Yurianto.

Keempat suspect ini didapat dari hasil pencarian atas orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Corona. Menurutnya ada sekitar 25 orang yang masuk dalam penelusuran ini meski tak semua diperiksa karena tidak ada riwayat kontak dekat.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts