Pemerintah Konfirmasi 2 Kasus Corona Baru, 1 Dari Kru Diamond Princess
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Hingga Minggu (8/3) kemarin pemerintah mengonfirmasi 6 orang positif terinfeksi virus Corona. Kasus ke-5 merupakan pengembangan dari 'pesta dansa', sedangkan ke-6 adalah kru kapal pesiar Diamond Princess.

WowKeren - Pasien terjangkit COVID-19 atau penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia terus bertambah. Hingga Minggu (8/3) kemarin, tercatat ada 6 orang yang sudah dikonfirmasi positif terjangkit COVID-19.

Dilansir dari rilis pers resmi pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, sebanyak lima kasus timbul dari insiden pesta dansa yang melibatkan seorang WN Jepang. Sedangkan satu kasus terakhir, yakni kasus 6, merupakan salah seorang kru kapal pesiar Diamond Princess.

"Kemudian yang ke-2, confirm COVID-19 yang kita sebut sebagai kasus 06, laki-laki 36 tahun ini adalah imported case," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, di Istana Kepresidenan, Minggu (8/3). "Yang didapatkan dari Jepang, pada saat bekerja sebagai ABK di Kapal Diamond Princess."


Diamond Princess sendiri merupakan kapal pesiar yang terpaksa "terkatung-katung" di perairan Yokohama karena harus mengarantina para penumpangnya. Langkah ini ditempuh lantaran salah satu penumpang di kapal itu dikonfirmasi positif terinfeksi virus Corona. Sejauh ini sudah ada 696 kasus yang dikonfirmasi dari kapal Diamond Princess, dengan 7 diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Namun demikian, Yuri menegaskan bahwa kedua pasien baru COVID-19 itu dalam kondisi stabil. "Kondisi keduanya stabil, tidak membutuhkan oksigen, tidak diinfus, sadar penuh, tidak demam, tidak batuk, dan tidak pilek," jelas sang Sekretaris Direktorat Jenderal Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes itu, dikutip dari Kompas, Senin (9/3).

Dengan demikian, saat ini sudah ada 6 orang dari Indonesia yang dikonfirmasi terinfeksi Corona. Untuk lima pasien pertama yang tertular di pesta dansa dengan WN Jepang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Sedangkan pasien kasus 06 sedang dirawat di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur.

Sebelumnya pemerintah sudah melakukan tracing dan screening terhadap 80 pengunjung yang hadir di pesta dansa pada 14 Februari 2020 silam itu. Pemerintah lantas mengerucutkan menjadi 20 orang, dan berakhir dengan 7 pasien yang dilakukan pemeriksaan lanjutan. Dari situlah terungkap pasien kasus 03 dan 04 yang dikonfirmasi pada Jumat (6/3) lalu, serta pasien 05 yang dikonfirmasi kemarin.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts