Kemenkes Konfirmasi 2 Orang Lagi Positif Terinfeksi Corona
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Hari ini (6/3) pemerintah lewat Kementerian Kesehatan mengumumkan soal 2 pasien baru yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Dengan demikian ada 4 kasus aktif COVID-19 di Indonesia.

WowKeren - Awal pekan ini, Presiden Joko Widodo mengonfirmasi perihal 2 WNI yang positif terinfeksi virus Corona. Baru 4 hari berlalu, kini pemerintah kembali mengonfirmasi dua kasus baru pada Jumat (6/3).

Lewat konferensi pers yang digelar pada Jumat sore, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengonfirmasi dua kasus baru positif COVID-19. Kedua pasien ini pun disebut sebagai kasus 3 dan 4, melanjutkan 2 pasien sebelumnya yang kini sedang dalam perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

"Kita dapatkan dua orang confirm sebagai kasus 3 dan 4," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, di Jakarta. Menurut Yuri, demikian biasa ia dipanggil, keduanya termasuk dalam 80 orang yang berada di dalam satu acara dengan 2 pasien positif COVID-19 sebelumnya.

Tak hanya berada dalam satu acara yang sama, kedua pasien baru ini pun sempat mengadakan kontak. "Kita melakukan penelusuran, mencari, kemudian mengidentifikasi, orang-orang yang kontak dengan dua kasus yang pertama," jelas Yuri, dilansir dari Kumparan.


Dari 80 orang itu, kemudian ditelusuri lebih lanjut oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kepolisian, bahkan Badan Intelijen Negara. Lantas nama-nama yang ada dikerucutkan menjadi 20 orang.

"Dari 20 orang dilakukan pendalaman seketat-ketatnya," imbuh Yuri. "Ternyata dari 20 ini oleh Dinkes DKI dikerucutkan menjadi 7 orang. Dan 7 orang ini yang kita bawa semuanya ke RSPI."

Saat diperiksa, ketujuh orang itu ternyata mengalami sejumlah gejala serupa pengidap COVID-19. Setelah observasi lebih mendalam, termasuk pemeriksaan laboratorium, terungkaplah bahwa 2 orang diantaranya positif terinfeksi Corona.

"Usianya antara 33 dan 34 tahun," pungkasnya. Dengan demikian, ada 4 orang yang positif COVID-19 di Indonesia. Keempatnya pun kini diisolasi di RSPI Sulianti Saroso.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts