Kurator Ragukan Keris dari Belanda untuk Jokowi Asli Milik Diponegoro
Nasional

Kurator Museum Keris Nusantara di Solo, Ki Ronggajati mengungkap sederet alasan dirinya mempertanyakan keaslian keris tersebut benar-benar merupakan milik Pangeran Diponegoro.

WowKeren - Saat menerima kunjungan kenegaraan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima pada Selasa (10/3) hari ini, Presiden Joko Widodo alias Jokowi juga menerima kembali keris yang diklaim milik Pangeran Diponegoro.

Kurator Museum Keris Nusantara di Solo, Ki Ronggajati Sugiyatno buka suara mengenai keris tersebut. Ia meragukan jika keris tersebut asli milik Pangeran Diponegoro.

Dia menegaskan keris yang dikembalikan ke Indonesia tersebut adalah keris dhapur Nagasasra Kamarogan. Ia yakin jika Pangeran Diponegoro tidak mungkin tak memahami rancang bangun atau dhapur keris. Sebagai seorang pangeran yang pernah menjadi penasihat utama raja (Hamengku Buwono V), Diponegoro diyakini sangat paham perihal keris.

"Tidak mungkin Pangeran Diponegoro tak bisa membedakan keris dhapur Nagasasra dengan keris dhapur Naga Siluman," kata Ki Ronggojati dilansir Detik, Selasa (10/3). Selain itu, Ki Ronggajati juga menyoroti gelar keris tersebut.


"Hal yang lebih tak mungkin lagi adalah Diponegoro memberi gelar atau nama keris dhapur Nagasasra dengan nama Naga Siluman," lanjut Ki Ronggajati. "Karena dia pasti tahu bahwa Naga Siluman adalah dhapur tersendiri."

Keraguannya tak hanya berhenti sampai di situ. Alasan berikutnya yakni sarung keris atau warangka. Warangka yang dikembalikan dari Belanda itu berjenis warangka Ladrangan Kagok gaya Surakarta.

"Diponegoro itu pangeran dari Yogyakarta, tidak mungkin mengenakan keris dengan warangka gaya Surakarta," terang dia. "Seperti diketahui, beliau hidup adalah pada masa awal-awal pecahnya Mataram menjadi Surakarta dan Yogyakarta."

Dari informasi yang dipercayai masyarakat, pangeran Diponegoro memiliki empat keris utama. tiga di antaranya menggunakan warangka Gayaman gaya Yogyakarta dan satu lainnya warangka Ladrangan gaya Yogyakarta. "Kami para pencinta tosan aji meyakini bahwa keris yang baru saja dikembalikan dari Belanda itu bukan milik Pangeran Diponegoro," tegasnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait