Amien Rais 'Digusur' Dari Kepengurusan, 'PAN Reformasi' Pun Digaungkan
Nasional

Amien Rais dikabarkan 'tergusur' dari kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025 pimpinan Zulkifli Hasan. Di periode sebelumnya, Amien menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN.

WowKeren - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah resmi mengesahkan kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Namun, nama Amien Rais justru dikabarkan "tergusur" dari kepengurusan pimpinan Zulkifli Hasan tersebut.

Sebagai informasi, Amien Rais sebelumnya menduduki jabatan Ketua Dewan Kehormatan PAN. Namun jabatan tersebut kini diduduki oleh Soetrisno Bachir.


Menanggapi hal tersebut, loyalis Amien Rais lantas bergerak. Mereka meminta Amien Rais untuk mendirikan PAN Reformasi.

"Kami sudah menerima usulan dari 158 DPD dan DPW, serta 1.300 tokoh-tokoh yang pernah terlibat di PAN, dan tokoh yang pernah terlibat di era reformasi, termasuk tokoh-tokoh Muhammadiyah," tutur Koordinator Pemenangan Mulfachri Harahap, Muhammad Asri Anas, dilansir detikcom pada Rabu (11/3) hari ini. "Agar Pak Amien daripada tidak diperlakukan tidak baik oleh PAN, agar membentuk PAN Reformasi."

Menurut Asri, Amien memang belum terlalu menanggapi usulan ini. Pasalnya, Amien kini tengah fokus menyiapkan gugatan terhadap hasil Kongres V PAN di Kendari.

"Semalam pun kami dengan beberapa DPW dan DPD serta tokoh-tokoh yang ikut mendirikan PAN menyampaikan ke Pak Amien," ungkap asri. "Tapi Pak Amien masih fokus di gugatan kongres."

Lebih lanjut, Asri mengungkapkan bahwa usulan tersebut telah disampaikan kepada Amien dalam pertemuan di rumah salah seorang pendiri PAN, Putra Jaya Husin. Menurut Asri, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh sekitar 20 orang tokoh PAN.

"Tokoh-tokoh yang pernah terlibat di PAN di daerah-daerah sejak Reformasi dan banyak keluar sebab PAN semakin jauh dari semangat awal didirikan akan banyak meminta kembali jika Pak Amien meluruskan kembali khitah perjuangan PAN sebagai partai Reformasi," jelas Asri.

Sebelumnya, Zulhas selaku Ketum PAN sempat ditanyai soal jabatan apa yang akan ia berikan kepada Amien Rais. Mantan Ketua MPR RI tersebut pun hanya menyebut Amien sebagai sosok yang selalu spesial di PAN. "Pak Amien selalu spesial di PAN," tutur Zulhas tanpa merinci posisi untuk Amien di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, pada Selasa (10/3) kemarin.

Menurut Zulhas, pelantikan pengurus PAN nantinya akan digelar pada 25 Maret 2020 mendatang. Presiden Joko Widodo juga dipastikan datang dalam acara pelantikan tersebut.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts