WHO Desak Jokowi Umumkan Darurat Nasional Virus Corona di RI
Nasional

Direktur Jenderal WHO Thedros Adhanom mengingatkan agar negara-negara aktif melakukan uji laboratorium jika ada warganya yang dicurigai terjangkit virus ini.

WowKeren - Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO) telah melayangkan surat kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi terkait penyebaran virus corona. WHO meminta agar Jokowi melakukan sejumlah langkah terkait penanganan virus corona yang kian banyak di Indonesia.

Salah satunya dengan mendeklarasikan darurat nasional virus corona. Adapun surat tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur Jenderal WHO Thedros Adhanom dan dikirimkan ke Jokowi pada 10 Maret lalu.

Perihal surat itu pun telah dibenarkan oleh Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. "Betul," kata dia dilansir Kompas, pada Jumat (13/3).

Melalui surat itu juga, Thedros mengapresiasi langkah pemerintah RI dalam menghadapi corona. Sebab, setiap negara harus melakukan langkah yang terukur untuk menekan penyebaran virus ini.


Namun sayangnya di beberapa negara, penyebaran corona bisa lebih cepat karena kasus yang tak terdeteksi. Alhasil, korban jiwa pun juga meningkat.

Oleh sebab itu, Thedros terus mendorong agar negara-negara aktif melakukan uji laboratorium terhadap pasien yang dicurigai terinfeksi virus ini. Apalagi untuk negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi sedangkan fasilitas kesehatan masih belum sepenuhnya rata.

"Khususnya di negara yang memiliki populasi besar," ujar Thedros. "Dan fasilitas kesehatan yang tak merata di setiap wilayah."

Menurutnya, deteksi dini terhadap virus corona amat penting untuk mencegah penyebaran yang kian masif. Selain itu, deteksi dini juga diperlukan untuk memetakan penyebaran virus. "Tingkatkan mekanisme respons darurat, termasuk mendeklarasikan darurat nasional," tulis Thedros dalam suratnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait