Corona Mengkhawatirkan, Khofifah Tambah Libur Sekolah Hingga Mundurkan Jadwal UN SMA
Nasional

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memperpanjang kebijakan belajar di rumah (libur) bagi siswa SMA/SMK di Jawa Timur hingga 5 April mendatang. Untuk UN SMA sendiri juga akan dimundurkan dari jadwal semula 30 Maret.

WowKeren - 1Penyebaran virus corona di Indonesia kian hari kian meningkat. Jika sebelumnya jumlah pasien positif corona masih berada di angka 450 orang, pada Minggu (22/3) pemerintah mengumumkan pertambahan jumlah pasien hingga mencapai 514 orang.

Di Jawa Timur sendiri diketahui terdapat penambahan jumlah pasien positif corona hingga berjumlah 41 orang dengan rincian, 29 orang di Surabaya, 1 Kota Malang, 4 Kabupaten Malang, 1 Kabupaten Blitar, 3 Sidoarjo dan 3 di Magetan.

Tak ingin mengambil risiko, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun memastikan agar kebijakan belajar di rumah (libur) bagi siswa SMA/SMK di Jawa Timur akan diperpanjang hingga 5 April 2020 mendatang. Sekedar informasi, sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) meliburkan siswa SMA/SMK mulai tanggal 16 Maret - 29 Maret.


Tak hanya menambah libur selama seminggu, Khofifah juga memundurkan jadwal Ujian Nasional (UN) SMA yang seharusnya digelar pada 30 Maret 2020 menjadi 6 April 2020. “Tadi malam, rapat dengan tim OPD, kita ambil keputusan, proses belajar di rumah bagi siswa didik, sampai 5 April," ujarnya saat konferensi pers di gedung negara Grahadi, Surabaya, Minggu (22/3). "Dengan demikian, yang seharusnya UN bagi siswa SMA 30 Maret, diundur menjadi 6 April. Untuk UN SMA ditunda."

Lebih lanjut, ia meminta agar para kepala sekolah dan Kepala Dinas Cabang Pendidikan selalu siap untuk mengoordinasikan hal ini dengan Kepala Dinas Pendidikan Jatim. “Karena tanggal 30 Maret yang semestinya UN, ditunda jadi 6 April, tetap mereka harus menyelesaikan persiapan penyelenggaraan UN, kita minta mereka standby kalau ada rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan jatim,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Kamis (19/3) lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur membagikan peta sebaran kasus virus corona (Covid-19) lewat akun Twitter resminya. Berdasarkan peta sebaran tersebut, wilayah yang paling banyak terdampak corona di Jawa Timur adalah wilayah Malang Raya dan Kota Surabaya. Dua wilayah tersebut telah dimasukkan dalam zona merah.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru