Masyarakat Terdampak Corona Bakal Dapat Kartu Sembako Dari Jokowi
Nasional

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyiapkan anggaran sedikitnya Rp 4,5 triliun untuk program kartu sembako. Kartu tersebut nantinya akan dibagikan ke masyarakat ekonomi ke bawah yang terdampak wabah corona.

WowKeren - Mewabahnya virus corona di Indonesia membuat Presiden Joko Widodo menyiapkan anggaran sedikitnya Rp 4,5 triliun untuk digunakan dalam program kartu sembako. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi dampak negatif dari virus Covid-19 tersebut.

Kartu sembako tersebut nantinya akan dikhususkan untuk kalangan masyarakat kelas menengah bawah. Jokowi mengatakan bahwa setiap penerima kartu sembako akan mendapatkan manfaat uang senilai Rp 200 ribu/keluarga dan merasakan manfaat ini selama kurang lebih 6 bulan.

"Sebentar lagi juga akan kita keluarkan kebijakan untuk penerima kartu sembako selama 6 bulan mendatang akan kita tambah Rp 50 ribu," kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui video teleconference di Jakarta, Selasa (24/3). "Sehingga diterima Rp 200 ribu per keluarga penerima manfaat. Yang kita siapkan Rp 4,5 triliun."

Selain kartu sembako, orang nomor satu di Indonesia itu juga telah meluncurkan Kartu Pra Kerja pada Jumat (20/3) lalu. Meski sudah diluncurkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut jika proses registrasi baru akan dibuka pada awal April 2020 mendatang.


"Peluncuran Kartu Pra Kerja ini sesuai arahan Bapak Presiden, Bapak Presiden minta diluncurkan pagi ini jam 9," kata Airlangga di kantornya, Jakarta, Jumat (20/3).

Kartu Pra Kerja ini nantinya akan dikelola oleh Project Management Office (PMO) yang menjalankan program secara penuh. Termasuk salah satunya adalah penentuan Balai Latihan Kerja (BLK) mana yang akan menjalankan pelatihan.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah terus mengeluarkan berbagai stimulus demi melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus corona. Stimulus tersebut termasuk kartu sembako setidaknya pemerintah menyasar ke 89 juta masyarakat.

"Tujuannya adalah 89 juta masyarakat, akan diberikan uang dalam bentuk banyak," jelasnya. "Atau diberikan dalam kartu sembako yang juga dinaikkan."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru