Cegah Corona Meluas, KAI Batalkan 21 Kereta Jarak Dekat Ini
Nasional

Usai menyetop operasional sejumlah KA Jarak Jauh, kini PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga membatalkan sebanyak 21 KA Lokal. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Sektor transportasi publik turut menyesuaikan di tengah wabah virus Corona yang belakangan begitu mengkhawatirkan di Indonesia. Seperti diketahui, sampai Minggu (29/3) kemarin, ada lebih dari seribu orang Indonesia yang telah terinfeksi COVID-19.

Demi mencegah terjadinya penularan lebih lanjut, pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk lebih banyak berdiam di rumah alih-alih beraktivitas seperti biasa. Sebagai imbasnya, sejumlah rute perjalanan kereta api pun dihentikan, selain untuk mengurangi penularan juga karena peminatnya yang kian menurun.

Bila sebelumnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membatalkan sebanyak 28 jadwal KA jarak jauh, kini KA jarak dekat atau lokal lah yang menjadi sasaran. Dilansir dari Tribun News, sebanyak 21 KA Lokal akan dihentikan operasionalnya secara sementara mulai Rabu (1/4) mendatang sampai 30 April 2020.

Informasi ini dibenarkan oleh Kepala Humas KAI Daop I Jakarta, Eva Chairunisa. Eva pun memastikan para pelanggan yang terdampak dapat mengajukan pengembalian bea tiket sampai 100 persen.


"Bagi calon penumpang KA Lokal yang terdampak pembatalan pada kurun waktu tersebut, dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh seratus persen," terang Eva, Minggu (29/3).

Eva juga mengimbau agar pembatalan dilakukan secara daring lewat aplikasi KAI Access. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan penumpang saat melakukan penukaran tiket di stasiun, yang tentu kembali berkaitan dengan kebijakan social distancing di tengah wabah virus Corona.

Lantas KA Lokal apa saja yang terdampak atas kebijakan ini? Masih dilansir dari Tribun News, KA Lokal yang terdampak berada di rute Stasiun Bogor Paledang, Sukabumi, Merak, dan Rangkasbitung.

Tercatat ada 3 jenis KA Lokal yang masuk dalam daftar ini. Yakni KA Pangrango dengan rute Bogor-Sukabumi, KA Siliwangi dengan rute Sukabumi-Cianjur, dan KA Lokal Merak dengan rute Merak-Rangkasbitung. Namun khusus untuk KA Lokal Merak hanya dibatalkan pada rentang 1-14 April 2020.

Untuk informasi lebih lengkap dapat diakses di saluran resmi milik PT KAI, yakni aplikasi KAI Access, situs resmi di kai.id. Atau dapat menghubungi contact center 121 line (021)121, layanan pelanggan [email protected], serta sosial media @keretapapikita.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru