Jerome Polin Geram Buku Hasil Karyanya Dibajak dalam Bentuk PDF Secara Gratis
Instagram/jeromepolin
Selebriti

Jerome Polin mengungkapkan rasa kesal terkait hasil karya miliknya disebarluaskan secara ilegal dalam bentuk PDF. Melihat hal itu, Jerome memberikan pesan kepada masyarakat agar membeli buku original.

WowKeren - Baru-baru ini YouTuber Jerome Polin dibuat geram oleh pihak yang menyebarluaskan buku hasil karyanya "Mantappu Jiwa" secara ilegal dalam bentuk PDF. Melihat hal itu, Jerome merasa sangat tidak dihargai sebagai penulis buku.

"Aku denger2 pdf buku Mantappu Jiwa banyak yang nyebarin secara gratis. Hey, kalian sama sekali gak menghargai penulis dan gak menghargai orang2 yang beli buku pake duit sendiri. Itu namanya pembajakan buku, sama sekali gak menghargai," tulis Jerome lewat cuitan di akun Twitter pribadinya pada Selasa (31/3).

Jerome kemudian menjelaskan bahwa penulis juga merupakan suatu pekerjaan. Para penulis berhak atas pundi-pundi uang yang didapatkan dari hasil kerja keras mereka setiap kali buku karyanya terjual.

"Dari setiap buku yang kalian beli, penulis mendapatkan komisi. Dari situ lah penulis bisa hidup. Kalau kalian nyebarin pdf secara liar dan ilegal, itu sama saja kalian 'membunuh' penulis. Orang2 jadi baca pdf tanpa beli bukunya = penulis gak dapet pemasukan," tegas Jerome.

Selain itu, Jerome berpendapat bahwa menabung untuk membeli sebuah buku dengan cara legal atau meminjam dari teman merupakan tindakan yang lebih baik dibandingkan harus menghilangkan rezeki orang lain. Sekali lagi, Jerome mengatakan untuk tidak menyebarkan hasil karya buku secara ilegal.


Jerome Polin Geram Buku Hasil Karyanya Dibajak dalam Bentuk PDF Secara Gratis

Twitter

"Kalau mau baca tapi belom bisa beli, bisa nabung/pinjem temen. Kalo kalian ikut nyebarin pdf buku, itu sama aja kalian telah menghilangkan rejeki dan kerja keras orang lain. Tolong banget, hargai penulis. Dengan kalian tidak menyebarkan pdf, itu sudah sangat membantu," ujar Jerome.

Di sisi lain, Jerome merasa khawatir jika kejadian ini membuat para penulis berhenti untuk menghasilkan karya karena adanya pembajak buku yang semakin merajalela. Jerome kemudian mengingatkan kepada masyarakat untuk membaca buku-buku yang asli atau legal demi keberlangsungan hidup para penulis.

"Jangan sampe para penulis jadi tidak mau menulis lagi hanya karena tau bahwa ujung2nya bukunya akan dibajak dan dia tidak bisa hidup lagi dari hasil karyanya. Sekali lagi, tolong. Kalau kalian liat ada yang ngeshare, tolong kalian ingetin/ screenshot twit ini. Terima kasih banyak," pinta Jerome.

"Aku juga pernah liat ada banyak orang yang jual buku hasil fotokopi di online store. Please, belilah yang original. Buku apapun itu, buku siapapun itu. Intinya, dengan kalian membeli buku original, kalian telah mendukung sang penulis. Thank you," tandas Jerome.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait