Jerman Beri Denda Hampir 10 Juta untuk Warga yang Langgar Social Distancing
AP
Dunia

Aturan social distancing di Jerman sendiri mengharuskan warganya untuk menjaga jarak minimal 1,5 meter, serta melarang melakukan pertemuan yang terdiri lebih dari dua orang.

WowKeren - Pihak pemerintah sejumlah negara terus menerus melakukan berbagai cara supaya warga mereka mau menuruti aturan social distancing di tengah merebaknya pandemi virus corona (COVID-19). Salah satunya adalah Jerman.

Jerman rupanya ingin mendisiplinkan warga mereka yang melanggar aturan social distancing dengan cara memberikan denda. Dilaporkan bahwa Jerman memberlakukan denda sebesar 500 Euro atau sekitar Rp8,9 juta bagi warga yang melanggar social distancing.


Aturan ini mulai diberlakukan sejak Jumat (3/4) lalu demi menekan angka penyebaran COVID-19 yang hingga kini terus mengalami kenaikan yang signifikan di Jerman. Aturan social distancing di Jerman sendiri mengharuskan warganya untuk menjaga jarak minimal 1,5 meter, serta melarang melakukan pertemuan lebih dari dua orang.

Kanselir Jerman, Angela Merkel, memerintahkan warga untuk tetap tinggal di rumah dan tidak beraktivitas keluar, kecuali untuk alasan tertentu seperti berbelanja bahan makanan, berolahraga, atau keperluan tindakan medis.

Aturan serupa juga diumumkan oleh 16 negara negara bagian di Jerman. Nominal denda yang harus dibayarkan oleh pelanggar jumlahnya berbeda-beda tergantung pada aturan pemerintah daerah setempat.

Misalnya saja Hesse dan Rhine-Westphalia Utara yang menerapkan denda sebesar 200 Euro atau sekitar Rp3,5 juta bagi orang yang nekat melakukan pertemuan lebih dari dua orang. Sementara Bavaria selaku negara bagian terbesar di Jerman memberlakukan denda sebesar 150 Euro bagi warga yang tidak menjaga jarak aman. Bavaria merupakan salah satu daerah dengan jumlah infeksi corona terparah di Jerman dengan lebih dari 18 ribu kasus terkonfirmasi.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Jerman sendiri menjadi negara keempat dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak di dunia. Hingga berita ini ditulis, Jerman telah mencatatkan lebih dari 100 ribu kasus positif virus corona.

Jerman juga melaporkan ada sekitar 1,584 korban meninggal akibat COVID-19 yang dikonfirmasi, dengan 28,700 pasien yang dinyatakan sembuh. Saat ini, ada sekitar 69,839 kasus COVID-19 aktif di Jerman.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts