Pemboikotan SNSD dan ARMY Bully Solbin Disebut 'Dosa' Terburuk Fandom K-Pop
Selebriti

Baru-baru ini postingan Pann menyoroti bagaimana beberapa fandom tertentu telah melakukan 'dosa besar' kepada grup lain dengan perlakuan mereka yang sangat buruk.

WowKeren - Baru-baru ini sebuah postingan Pann membahas tentang perilaku buruk fandom-fandom K-Pop. Netizen menyebut beberapa fandom tertentu telah melakukan "dosa besar" kepada grup lain dengan perlakuan mereka yang sangat buruk.

Salah satu dosa terburuk fandom terus diingat hingga kini rupanya adalah pemboikotan Girls' Generation (SNSD) pada 2008. Ketika SNSD memulai debutnya, Cassiopeia, ELF dan Triple S (fandom TVXQ, Super Junior dan SS501) bergabung bersama dan mematikan tongkat cahaya mereka di Dream Concert. Mereka juga meneriakkan nama Wonder Girls selama penampilan SNSD.

Pemboikotan SNSD

Source: Pann

Pada saat itu SNSD adalah saingan Wonder Girls sehingga hubungan fandom mereka tidak begitu baik. Namun bahkan para penggemar Wonder Girls mulai merasa kasihan pada SNSD karena diperlakukan sangat buruk.

Dosa terburuk lain yang dibahas dalam postingan adalah ketika ARMY, fandom BTS (Bangtan Boys) menyerang Solbin Laboum menyusul penampilannya bersama Jin sebagai MC "Music Bank". Solbin dibully habis-habisan setelah tertangkap kamera bersikap tidak sopan dengan memanggil nama asli Jin tanpa embel-embel senior. Solbin juga berteriak saat memanggil pemilik nama Kim Seokjin itu.


Menariknya lagi, sebelum Solbin diserang, justru Jin yang menuai kritik karena dianggap mengambil sorotan dari Solbin. Saat itu adalah momen terakhir Solbin membawakan "Music Bank". Ia mengucapkan selamat tinggal sambil menangis. Jin menyela Solbin dengan berpamitan kepada pemirsa.

 ARMY Bully Solbin

Source: Pann

ARMY membela Jin dengan menulis kalimat-kalimat kasar seperti, "Aku tidak peduli dia Solbin atau Golbin, tapi faktanya adalah, Kim Seokjin tidak salah." Mereka juga terus menyerang Solbin hingga idol tersebut menulis surat permintaan maaf.

"ARMY juga pernah mengancam seseorang karena menerjemahkan sebuah artikel (buruk tentang BTS) dari Bahasa Korea ke Bahasa Inggris dan mengancam akan membunuh anak-anak mereka," komentar netizen. "ARMY selalu seperti itu, jadi jangan lindungi mereka, kalian minta maaf kepada Solbin," pungkas lainnya.

Namun netizen juga berkomentar bahwa BTS juga mendapatkan perlakuan buruk dari fandom lain. Mereka memberi contoh ketika RM (Rap Monster) dan kawan-kawan meraih kemenangan pertama di acara musik dengan "I NEED U". Saat itu BTS dituduh curang dan tagar-tagar menjatuhkan berbunyi "BTS Tukang Plagiat" di-trending-kan.

Hmmm bagaimana menurut kalian?

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts