Cuti Bersama Idul Fitri 2020 Diundur ke Akhir Tahun Karena Corona, Jadi Tanggal Berapa?
Nasional

Perubahan ini telah diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada Kamis (9/4).

WowKeren - Pemerintah akhirnya resmi menggeser cuti bersama Idul Fitri 2020 ke akhir tahun. Penggeseran cuti bersama ini dilakukan sebagai upaya percepatan penanganan virus corona (Covid-19).

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan cuti bersama Lebaran selama 4 hari pada 26-29 Mei 2020. Kini, tanggal tersebut bergeser menjadi 28-31 Desember 2020.

Perubahan ini telah diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pada Kamis (9/4). "Kebijakan ini menindaklanjuti arahan Presiden dalam ratas antisipasi mudik lebaran pada tanggal 2 April 2020 terkait imbauan tidak mudik dan penggantian libur Lebaran 2020," tutur Muhadjir pada keterangan tertulisnya.

Dengan adanya pergeseran cuti bersama ini, maka libur perayaan Idul Fitri hanya 2 hari, yakni pada 24- 25 Mei 2020. Pemerintah juga menetapkan tambahan cuti bersama sebelum Maulid Nabi Muhammad SAW, yakni pada 29 Oktober 2020.


Menurut Muhadjir, pergeseran cuti bersama ke akhir tahun ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa pandemi corona sudah tertangani saat itu. Selain itu, pemerintah juga mempertimbangkan akhir tahun sebagai masa anak-anak libur sekolah, dengan demikian keluarga bisa merencanakan liburan dengan waktu yang cukup.

Lebih lanjut, Muhadjir berharap dengan digesernya cuti bersama Lebaran 2020 ini, maka masyarakat tidak mudik. Ia menilai bahwa masyarakat Indonesia masih bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri di daerahnya masing-masing dan tidak perlu pulang kampung.

Nantinya, tutur Muhadjir, mobilitas antar-provinsi juga akan dibatasi demi mengantisipasi masyarakat yang mudik. "Diprioritaskan untuk distribusi logistik dan keperluan medis," ujar Muhadjir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memang telah berencana untuk mengganti hari libur Lebaran 2020 demi mengantisipasi para pemudik. Pasalnya, arus mudik dikhawatirkan dapat mempercepat persebaran corona di berbagai wilayah.

Jokowi juga mengaku bahwa penggantian hari libur ini akan disertai dengan pemberian fasilitas mudik di hari libur pengganti. Pemerintah juga diklaim akan menggratiskan objek-objek wisata selama hari libur pengganti.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait