Ebola Muncul Lagi di Kongo Saat WHO Hampir Cabut Status Pandemi
Dunia

Wabah yang muncul pada 2018 ini telah merenggut 2,276 nyawa sampai sekarang. WHO hampir saja menyatakan kalau pandemi tersebut telah berakhir lantaran tak ada kasus baru yang dilaporkan.

WowKeren - Masyarakat di seluruh dunia saat ini tengah dilanda kepanikan akibat merebaknya virus corona (COVID-19). Namun di tengah merebaknya corona, wabah ebola yang dulu sempat meresahkan masyarakat rupanya juga kembali muncul.

Wabah ebola muncul lagi di Republik Demokratik Kongo. Wabah ini kembali muncul setelah Organisasi Kesehatan Dunia alias World Health Organization (WHO) hampir menyatakan kalau pandemi tersebut telah berakhir.

WHO mengatakan komite daruratnya akan bertemu untuk membahas apakah wabah Ebola di Kongo masih merupakan keadaan darurat kesehatan internasional. Komite darurat dijadwalkan bertemu pada Selasa (14/4) waktu setempat, setelah terjadi kasus infeksi baru wabah Ebola di Kongo.

Pertemuan ini juga terjadi sehari setelah Kongo diperkirakan akan mengumumkan bahwa wabah yang dimulai pada Agustus 2018 itu telah berakhir. Diketahui, epidemi ini merenggut 2,276 nyawa sampai sekarang. Agar wabah bisa dikatakan selesai, tidak boleh ada kasus baru yang dilaporkan selama 42 hari yang merupakan dua kali lipat masa inkubasi.


Namun ketika komite darurat WHO bertemu pada Jumat lalu untuk menentukan apakah deklarasi tentang Darurat Kesehatan Masyarakat untuk Kepedulian Internasional atau PHEIC dapat dicabut, muncul laporan sebuah kasus baru.

"Kami sekarang memiliki 3 kasus, 2 orang meninggal dan 1 orang masih hidup," kata juru bicara WHO Margaret Harris pada wartawan dalam briefing virtual di Jenewa, dikutip dari Reuters pada Rabu (15/4).

Otoritas Kesehatan Kongo pada Jumat (10/4) mengumumkan, seorang laki-laki 26 tahun meninggal karena Ebola, dan seorang gadis muda yang dirawat di pusat kesehatan yang sama meninggal pada Minggu (12/4). Keduanya meninggal di kota Beni, yang merupakan pusat penyebaran wabah Ebola.

Oleh karena perubahan situasi ini, WHO memutuskan untuk mengadakan kembali komite darurat untuk mengevaluasi lagi apakah wabah Ebola masih menjadi keadaan darurat internasional.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait