Ramadan di Tengah Wabah Corona, Roro Fitria Tak Kesulitan Karena Rutin Puasa Sunnah di Tahanan
WowKeren
Selebriti

Roro Fitria diketahui menjadi salah satu dari 30 ribu narapidana yang dibebaskan demi menekan penyebaran virus corona. Roro lantas menceritakan kesehariannya saat menjadi narapidana di dalam ruang tahanan.

WowKeren - Roro Fitria resmi dibebaskan dari Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur pada Kamis (2/4) lalu. Pembebasan bersyarat yang didapatkan Roro menyusul kebijakan Kementerian Hukum dan HAM guna menekan penyebaran virus corona di dalam rumah tahanan.

Roro mengaku merasa sangat lega dirinya bisa bebas dari rumah tahanan. Ia diketahui menjadi salah satu dari 30 ribu narapidana yang dibebaskan imbas virus Covid-19.

Wanita kelahiran 1989 itu akhirnya dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan di rumah. Meski Ramadan tahun ini terasa berbeda, Roro tetap menyambutnya dengan suka cita dan penuh syukur.

"Alhamdulillah rasa syukur Nyai panjatkan kehadirat Allah SWT, sudah bisa merasakan kebebasan dan puasa di luar rutan. Nyai melihat ini (pandemi) sebagai wujud sayang Allah SWT ke kita," ungkap Roro dilansir dari Kumparan.com.

Roro beranggapan bahwa umat manusia diberikan ujian oleh Tuhan apabila derajat mereka akan dinaikkan. Menurut Roro, adanya wabah virus ini merupakan momen agar manusia semakin bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.


"Sekarang ada corona itu tanda Allah sayang kita, kalau umatnya mau naik tingkat, umatnya akan diuji. Kita bisa survive enggak, dengan cara bersabar, bertawakal, berserah diri dan dekatkan diri ke Allah. Selain prihatin, harus bersyukur Allah sayang kita," ujar Roro.

Meski berada di dalam ruang tahanan pada kala itu, Roro mengaku sering berpuasa sunnah Senin Kamis. Oleh sebab itu, Roro tidak merasa ada perbedaan antara puasa Senin Kamis dan Ramadan saat ini.

"Kurang lebih kayak puasa sebelumnya. Selain puasa Ramadhan, Nyai sudah sering puasa di rutan, puasa Senin Kamis, puasa Ayyamul Bidh, 3 hari di bulan Hijriyah. Jadi yang beda tidak ada, bedanya sekarang puasa Ramadhan," jelas Roro.

Sejak keluar dari penjara, Roro mempunyai kegiatan yang rutin yakni memasak. "Beberapa kali ada masak di Instagram, yang simpel, karena masak sendiri di rumah, kemarin bikin risoles, omelete pakai sosis. Nyai suka bikin tumisan kayak toge, ikan asin, bikin orek tempe," ucap Roro.

Lebih lanjut, Roro mengaku belum sempat kembali ke kampung halamannya untuk mengunjungi makam ibunya. Ia kemudian berjanji akan segera pulang kampung jika pandemi virus corona sudah berakhir. "Nunggu kalau pandemi selesai dan asimilasi di rumah kelar, baru boleh melakukan kegiatan ke luar kota, pulang ke Jogja," tandas Roro.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait