Dijamin Anti Ribet! Ini 8 Menu Sahur yang Nikmat dan Sederhana Ala Anak Kos
Kuliner
Puasa Di Tengah Corona

Biasanya anak kos tak ingin memasak makanan yang rumit untuk menu sahur. Karena itulah tim WowKeren merangkum beberapa makanan yang nikmat, sederhana dan bernutrisi ini untuk inspirasi menu sahur anak kos.

WowKeren - Bulan Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kalian yang tinggal di tanah rantau. Apalagi karena wabah Corona yang sedang terjadi, kalian mungkin tidak bisa pulang ke kampung halaman dan berpuasa bareng keluarga.

Karena keadaan yang terbatas, biasanya anak kos akan makan sahur seadanya saja demi mengganjal perut agar kuat berpuasa seharian. Banyak dari mereka yang lebih memilih membeli lauk atau makanan instan karena tak ingin repot-repot memasak. Padahal, kita tetap harus mengkonsumsi makanan yang bergizi agar bisa berpuasa dengan lancar.


Nah, bagi kamu yang tak ingin memasak makanan rumit tapi tetap ingin mendapatkan asupan bernutrisi saat sahur, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa menu sahur sederhana yang cocok untuk anak kos. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Nasi Goreng


Nasi Goreng

Makanan sederhana pertama yang bisa kamu konsumsi di kos saat sahur adalah nasi goreng. Selain mudah dibuat, nasi goreng juga bisa dikreasikan secara selera menggunakan bahan-bahan yang ada di kos.

Pertama, panaskan margarin di penggorengan, lalu tumis bawang merah, bawang putih dan cabai yang sudah dihaluskan. Jika tidak memiliki bahan tersebut, kamu bisa menggunakan bumbu nasi goreng instan yang dijual di pasaran.

Setelah itu masukkan berbagai bahan pelengkap yang ada seperti telur ayam, sosis, atau bakso. Terakhir, masukkan nasi ke penggorengan dan bumbui dengan garam, saus atau kecap sesuai selera. Aduk sampai rata dan berbau harum sebelum dinikmati.

2. Omelet


Omelet

Menu sahur sederhana dan nikmat ala anak kos berikutnya adalah omelet. Selain memasaknya mudah, bahan yang diperlukan juga cukup sedikit dan harganya relatif murah. Di antaranya adalah sebungkus mi instan, dua butir telur dan bakso atau sosis (jika ada).

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, rebus mi instan, tiriskan lalu campur dengan dua butir telur. Setelah itu kamu bisa memasukkan potongan sosis atau bakso ke dalamnya. Tambahkan garam atau bumbu mi lalu goreng sampai benar-benar matang. Jika sudah, sebaiknya makan dengan nasi agar kamu lebih bertenaga saat berpuasa.

3. Roti Panggang Kurma


Roti Panggang Kurma

Menu sahur sederhana dan nikmat ala anak kos selanjutnya adalah roti panggang kurma. Makanan satu ini tak hanya mengenyangkan, tapi juga menyehatkan dan bernutrisi. Bahan yang kamu perlukan antara lain roti tawar, susu kental manis rasa cokelat serta potongan buah kurma.

Pertama-tama, panggang roti tawar menggunakan teflon atau toaster jika kamu memilikinya. Setelah itu taburi roti panggang tersebut dengan potongan buah kurma dan lumuri dengan susu cokelat. Tapi jika tidak memiliki kurma, kamu bisa menggantinya dengan kismis atau remahan biskuit agar terasa lebih renyah.

4. Bibimbap Ala Anak Kos


Bibimbap Ala Anak Kos
https://futuredish.com/

Jika kamu penggemar K-Pop maupun drama Korea, kamu mungkin pernah dengar soal bibimbap. Makanan khas Korea ini pada dasarnya merupakan nasi campur, sehingga bisa kamu kreasikan sendiri di kos selama memiliki chilli paste khas Korea.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, campur nasi putih hangat dengan irisan telur dadar, sosis atau bakso yang sudah digoreng, sayuran rebus seperti jagung pipil, wortel, tauge, buncis atau bayam. Setelah itu bumbui campuran tersebut dengan chilli paste hingga tercampur rata. Jika kebetulan kamu memiliki kimchi di kos, sebaiknya tambahkan juga agar rasanya lebih nikmat.

5. Sereal dan Oat


Sereal dan Oat

Jika kamu tidak punya kompor atau alat masak di kos, tak ada salahnya untuk menjadikan sereal sebagai menu sahur yang bernutrisi. Cara membuatnya pun tidak susah. Sebab kamu hanya perlu mencampur varian sereal favoritmu dengan susu segar. Sudah deh, setelah itu tinggal nikmati saja.

Selain sereal, kamu juga bisa menjadikan oat dan pisang menjadi menu sahur yang nikmat. Cara mengolahnya juga sangat mudah. Pertama, tuang oat tawar ke dalam mangkuk lalu tambahkan potongan buah pisang di atasnya. Agar makin nikmat, siram campuran tersebut dengan susu putih yang segar.

6. Pasta


Pasta
https://www.tasteandtellblog.com/

Pasta adalah salah satu menu sahur anak kos yang mudah sekali dibuat. Cukup rebus pasta kemasan favoritmu lalu tumis bumbunya sebelum dicampurkan. Sudah deh, sepiring pasta yang nikmat siap kamu santap di kos saat sahur.

Tapi jika kamu bosan dengan pasta siap saji yang itu-itu saja, kamu bisa mengkreasikan topingnya sesuai selera. Misalnya kamu bisa menambahkan potongan sosis, bakso, tahu, tempe dan sayuran yang telah dibumbui dengan garam dan kecap manis. Dengan begitu, pasta ala anak kos yang kamu buat akan terasa semakin nikmat.

7. Sandwich Dadar Sosis


Sandwich Dadar Sosis

Jika kamu punya banyak roti tawar di kos, sebaiknya gunakan sebagai sandwich untuk menu sahur. Bahan yang kamu butuhkan antara lain roti tawar, sebutir telur, sosis, selada, mentimun, tomat, keju (jika ada), dan juga saus.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuatnya adalah kocok sebutir telur, lalu tambahkan dengan potongan sosis dan bumbui dengan garam. Goreng telur tersebut menjadi dadar. Jika sudah matang, letakkan dadar telur itu di atas roti tawar, berikan saus tomat, saus sambal, potongan tomat, mentimun, daun selada dan keju. Terakhir, tutup lagi dengan sepotong roti tawar.

8. Nasi dengan Sarden


Nasi dengan Sarden

Menu satu ini sangat mudah dibuat di kos. Sebab kamu hanya perlu mengeluarkan sarden dari kalengnya lalu panaskan selama beberapa menit. Jika sudah, angkat sarden tersebut dan nikmati dengan nasi putih hangat untuk makan sahur.

Demikian delapan menu sahur yang nikmat dan sederhana ala anak kos yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui makanan mengenyangkan yang cocok banget disantap saat sahur. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan berkuah yang cocok dimakan saat berbuka karena bisa mengembalikan energi.

You can share this post!

Related Posts