Penuhi Kebutuhan Jelang Lebaran, Matahari dan Ramayana Kembali Buka di Tengah PSBB
Nasional

PT Matahari Departement Store Tbk dan PT Ramayana Lestari Santosa Tbk membuka kembali gerainya di sejumlah daerah di Indonesia. Pembukaan tersebut demi menghindari gelombang PHK serta memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Idul Fitri.

WowKeren - Diberlakukannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sejumlah mal dan ritel terpaksa ditutup. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Meski begitu, emiten ritel tetap berupaya untuk bertahan dengan membuka gerainya di tengah PSBB berlangsung. Dengan alasan menjual kebutuhan masyarakat dan menghindari PHK massal menjadi tumpuan.

Dua emiten ritel fashion, yakni emiten ritel Grup Lippo, PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) dan PT Ramayana Lestari Santosa Tbk (RALS) juga turut membuka gerainya lagi di tengah PSBB. Matahari mulai membuka sejumlah gerai di seluruh Indonesia meski pembatasan sosial belum dilonggarkan secara penuh.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) dan menyediakan kebutuhan untuk masyarakat menjelang Idul Fitri. Wakil Komisaris Matahari Departemen Store, Roy N Mandey mengatakan pembukaan gerai tersebut telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar tidak melanggar ketentuan PSBB yang diberlakukan di sejumlah kota dan kabupaten.

"Ada beberapa yang sudah buka (gerai Matahari). Ini sebagai respons agar produktivitas bangkit lagi," ujar Roy dilansir CNBC Indonesia, Kamis (14/5). Ia juga menyebutkan sekitar 10 gerai Matahari yang sudah mulai dibuka di seluruh Indonesia. Namun, untuk sementara gerai di Jakarta belum dibuka sedangkan untuk wilayah Bogor, Depok, Tagerang dan Bekasi (Bodetabek) sudah ada yang uji coba dan persiapan buka.


Selain itu, Ramayana juga mulai membuka gerainya lagi. Salah satunya Mall Ramayana Serang, Tangerang, Banten.

Pembukaan kembali gerai Ramayana tersebut telah diumumkan melalui akun Twitter resminya @ramayanads. Dalam postingan Twitter tersebut, Ramayana telah resmi membuka 105 toko terutama di Jawa, mereka juga membuka layanan pesan antar.

Penuhi Kebutuhan Jelang Lebaran, Matahari dan Ramayana Kembali Buka di Tengah PSBB

Twitter

Untuk di Jawa di antaranya Ramayana Cibubur, Ramayan Sleman, Madiun, Ramayana Graha Cijantung, Ramayana Cengkareng, Ramayana Kebayoran Lama, Ramayana Gresik, dan Ramayana Plaza Pratama Bekasi.

Sebelumnya, emiten ritel juga mendapat sentimen positif dari informasi Tunjangan Hari Raya (THR) pegawai negeri sipil (PNS). Dimana Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan pembayaran THR bagi PNS akan dicairkan pada Jumat 15 Mei 2020. "Kami harapkan bisa dilakukan serentak paling lambat hari Jumat ini," katanya.

Namun, nasib kurang baik mungkin saja dialami para pekerja swasta. Pasalnya, THR mereka tahun ini kemungkinan bisa dicicil, bahkan ditunda seiring dengan kondisi perusahaan yang babak belur akibat wabah COVID-19.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru