Geger Surat Sehat Bebas Corona Dijual Online, RS Mitra Keluarga Beri Klarifikasi
Nasional

Surat keterangan bebas virus Corona atau Covid-19 itu dijual online dengan tarif Rp70 ribu. Lantas, apa tanggapan pihak rumah sakit terkait beredarnya surat ini?

WowKeren - Belum lama ini surat keterangan sehat bebas virus Corona atau Covid-19 disebut bisa dibeli secara bebas lewat online. Fenomena ini pun seketika menggegerkan publik.

Seperti diketahui, surat keterangan sehat saat ini memang diwajibkan bagi siapa saja yang ingin melakukan perjalanan dinas ke luar kota. Dari foto yang viral, tampak salah satunya menggunakan kop surat dari Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga. Surat ini dibanderol dengan harga hanya Rp70 ribu saja.

Tak ayal netter ikut bereaksi. Tidak sedikit yang mengutuk praktek jual beli surat keterangan sehat bebas Corona itu.

"CUMAN DI INDONESIA SURAT SEHAT DI PERJUAL BELIKAN. INDAHNYA INDONESIAKU 😑," komentar akun @helo***ia. "Oknum bgt sih ini, mau jatuhin RS 🙄," balas akun @vik***umiu. "Welcome to Indonesia. Semuanya bisa asal ada uang," tambah akun @suppor***geant.


Tak ingin isu berkembang, RS Mitra Keluarga langsung memberikan klarifikasinya. Klarifikasi itu disampaikan langsung melalui akun Instagram resmi miliknya.

"Sehubungan dengan beredarnya pemberitaan di sosial media maupun situs berita mengenai surat keterangan yang menggunakan kop surat Mitra Keluarga dan/atau mengatasnamakan Mitra Keluarga," tulis akun tersebut. "Dengan ini kami sampaikan bahwa kami Manajemen Mitra Keluarga, tidak pernah bekerja sama dengan pihak-pihak yang memperjual-belikan surat keterangan Bebas Covid 19 maupun surat keterangan apapun."

"Kami mohon agar para pihak yang menyalahgunakan kop surat Mitra Keluarga dan/atau mengatasnamakan Mitra Keluarga untuk keperluan tersebut di atas, agar segera mencabut dan/atau menghentikan perbuatan tersebut dalam waktu sesegera mungkin," lanjutnya. "Mitra Keluarga akan menempuh jalur hukum jika masih ada pihak yang mengatas namakan dan/atau menggunakan atribut Mitra Keluarga, termasuk penggunaan kop surat Mitra Keluarga tanpa seizin kami."

Sementara itu, External Communications Seniar Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan bahwa pihak Tokopedia sudah menurunkan produk tersebut. Kini surat tersebut sudah tidak bisa ditemukan lagi di marketplace itu.

Surat keterangan bebas Coronoa tersebut bisa beredar luas lantaran marketplace Tokopedia bersifat User Generated Content (UGC). Sistem tersebut memungkinkan semua orang yang menggunakan Tokopedia bisa mengunggah produk secara mandiri.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru