Beredar Skenario 'New Normal' BUMN Ala Erick Thohir, Ini Penjelasannya
Nasional

Pada tahap pertama skenario tersebut, tercantum bahwa karyawan di bawah usia 45 tahun diinstruksikan untuk kembali masuk kerja pada 25 Mei usai work from home selama sekitar dua bulan.

WowKeren - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menyiapkan skenario untuk menuju kondisi new normal. Skenario tersebut termuat dalam surat edaran Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Surat edaran tersebut memuat 5 tahap skenario new normal. Tahap pertama adalah fase persiapan yang akan dimulai pada 25 Mei 2020. Tahap kedua pada 1 Juni 2020, tahap ketiga pada 8 Juni 2020, tahap keempat pada 29 Juni 2020, dan tahap terakhir yang merupakan fase evaluasi pada 13 dan 20 Juli 2020.

Pada tahap pertama skenario tersebut, tercantum bahwa karyawan di bawah usia 45 tahun diinstruksikan untuk kembali masuk kerja pada 25 Mei usai work from home selama sekitar dua bulan. Sedangkan pada tahap kelima, termuat bahwa seluruh sektor akan beroperasi secara normal mulai awal Agustus.

Terkait skenario dalam surat edaran tersebut, pihak BUMN pun memberikan penjelasan. Menurut Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni, skenario tersebut merupakan kajian antisipasi dari pemerintah dan belum resmi.


"Bukan, itu belum resmi, itu adalah antisipasi yang lagi dikaji oleh pemerintah," jelas Alex pada Senin (18/5) hari ini. "Jadi nanti pemerintah akan keluarkan rilis resminya."

Selain itu, Alex juga menjelaskan bahwa surat edaran Menteri BUMN tersebut merupakan instruksi agar perusahaan pelat merak menyiapkan protokol new normal. Dengan demikian, BUMN nantinya lebih siap menghadapi kajian tersebut.

"Kami mengantisipasi itu, kita siapkan seminggu sebelumnya agar kita ready dengan protokol- protokolnya," terang Alex. "Jadi itu belum di-announce pemerintah."

Lebih lanjut, Alex menyebut bahwa Presiden Joko Widodo telah menyatakan akan terus memantau perkembangan penyebaran virus corona. "Pak Presiden kan menyatakan beberapa hari lalu, 'Kita menunggu statistiknya, kita masih melihat perkembangannya'," pungkas Alex.

Sebagai informasi, kondisi new normal adalah situasi dimana masyarakat atau perusahaan sudah dapat berjalan seperti biasa namun dengan pola kerja yang berbeda. Misalnya saja perubahan pola rapat perusahaan, yang semula kerap dilakukan di luar kantor seperti di hotel atau di restoran menjadi via online.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait