Pertama Kali Dalam Sejarah, Ini Cara Saksikan Takbir Virtual Masjid Istiqlal Dari Rumah
Nasional
Idul Fitri 2020

Meski tidak menggelar salat Idul Fitri tahun ini karena pandemi corona, Masjid Istiqlal menyambut awal bulan Syawal dengan malam takbiran secara virtual bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

WowKeren - Pandemi corona (COVID-19) yang belum mereda membuat Masjid Istiqlal tak menggelar salat Idul Fitri 1441 Hijriah. Namun sebagai gantinya, Masjid Istiqlal akan menyambut awal bulan Syawal dengan malam takbiran secara virtual bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Takbir Akbar secara virtual ini baru pertama kali dilakukan sepanjang sejara Masjid Istiqlal. Masyarakat Indonesia pun dapat dengan mudah ikut menyaksikan perisitiwa "bersejarah" ini dari rumah.

Informasi mengenai acara ini disampaikan melalui akun media sosial resmi Kementerian Agama (Kemenag) RI. Acara bertajuk "Takbir Virtual dan Pesan Idul Fitri dari Masjid Istiqlal" tersebut akan digelar pada Sabtu (23/5) pukul 19.30 WIB malam ini.

"Hari kemenangan segera tiba, Meski tahun ini kita menyambutnya dalam suasana berbeda, jangan berhenti mengagungkan kebesaran-Nya," tulis Kemenag di akun Instagram resmi mereka pada Sabtu (23/5) hari ini. "Mari bersama kita kumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid dalam: . 'TAKBIR VIRTUAL NASIONAL DAN PESAN IDUL FITRI DARI MASJID ISTIQLAL'."


Takbir virtual tersebut akan disiarkan langsung melalui saluran TVRI dan juga kanal YouTube Kemenag RI. Selain itu, takbir virtual juga dapat disaksikan melalui kanal YouTube Masjid Istiqlal.

"Takbir Akbar virtual dapat diakses melalui melalui channel resmi YouTube Masjid Istiqlal dan melalui TVRI," tutur Kepala Protokol Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah, dilansir Kompas.com. "Ada sambutan dari Menteri Agama dan pesan yang disampaikan oleh beberapa Gubernur."

Menurut Abu, Jokowi dan Ma'ruf telah melakukan taping sebelumnya, sehingga keduanya tidak akan datang langsung ke Masjid Istiqlal. "Takbirnya virtual ya. Presiden dan Wapres taping, jadi tidak hadir ke Istiqlal," jelas Abu dilansir Kumparan.

Lebih lanjut, Abu menyatakan bahwa tim internal Masjid Istiqlal tetap akan mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil melalui pengeras suara. Namun ia memastikan bahwa malam takbiran ini akan mengedepankan protokol kesehatan.

"Iya imam dan muadzin (Sstiqlal) yang bertugas jadi tim takbirnya. Ustaz Husni Ismail, Qadarsmadi Rasyid, Abdullah Sengkang, Salim Ghozali dan lainnya, semua imam dan muadzin Istiqlal masuk tim (takbir)," pungkas Abu. "Iya nanti yang ditampilkan hanya sedikit sesuai protokol kesehatan, yang lain standby saja. Kami menghindari kerumunan banyak orang."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts