Laporan Dispatch Soal Geng 97 Langgar Social Distancing Diklaim Bohong, Inikah Faktanya?
Selebriti
Kontroversi Artis Clubbing di Itaewon

Postingan Pann mengklaim bahwa Dispatch melaporkan fakta yang salah mengenai Jungkook, Cha Eunwoo, Jaehyun dan Mingyu melanggar aturan pemerintah ketika mengunjungi Itaewon.

WowKeren - Laporan Dispatch mengenai kunjungan empat anggota geng idol kelahiran 1997 yaitu Jungkook BTS (Bangtan Boys), Cha Eunwoo ASTRO, Jaehyun NCT 127 dan Mingyu Seventeen (II) hingga kini masih menjadi topik perbincangan hangat di industri K-Pop. Itaewon kini menjadi menjadi tempat yang paling dihindari karena kasus COVID-19 awal Mei lalu, sementara geng 97 dikritik karena dianggap mengabaikan jarak sosial yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus.

Baru-baru ini sebuah postingan Pann tentang Dispatch dan geng 97 menjadi tren. Postingan mengklaim bahwa Dispatch melaporkan fakta yang salah mengenai Jungkook, Cha Eunwoo, Jaehyun dan Mingyu melanggar aturan pemerintah untuk menjaga jarak sosial.


Seperti diketahui, kontroversi geng 97 mengunjungi Itaewon dimulai ketika beredar cuitan dari akun saksi yang kemudian dilaporkan oleh media pada 13 Mei. Reporter menyebut mereka sebagai idol A dan B populer tapi tidak tahu bahwa sebenarnya ada 4 idol yang berkumpul karena laporan didasarkan murni pada akun saksi itu.

Dispatch 1

Source: Pann

Orang yang baru-baru ini mengungkapkan jalur kunjungan geng 97 berasal dari SBS. Karena seorang reporter SBS menerbitkan sebuah artikel tentang idol Itaewon sebelumnya, laporan terbaru mereka tampaknya dapat diandalkan dan membuat orang berpikir bahwa mereka mungkin mengetahui sesuatu yang lebih. Namun dikatakan bahwa reporter sebenarnya tidak tahu apa-apa. Mereka tidak menyebutkan ada 4 idol di artikel pertama dan hanya menyebut mereka A dan B yang berarti bahwa reporter tidak memiliki foto atau apa pun dan laporan mereka hanya mengandalkan akun saksi.

Ditambah lagi agensi idol A dan B dalam artikel menolak untuk mengkonfirmasi apakah mereka pergi ke Itaewon atau tidak. Kemungkinan besar itu karena tidak adanya bukti yang mendukung laporan sehingga agensi merasa tidak perlu menanggapinya.

Kemudian pada 18 Mei, Dispatch merilis laporan tentang kunjungan geng 97 ke Itaewon. Namun Dispatch menjelaskan bahwa mereka tidak mengikuti rute mereka dan hanya dikonfirmasi oleh saksi.

Sama seperti laporan pada 13 Mei, Dispatch hanya mengandalkan akun saksi. Mereka menaruh foto-foto kecil di setiap lokasi yang dikunjungi geng 97 tanpa menyebutkan nama dan hanya menyebutnya sebagai lokasi A, B dan C dan menambahkan di bagian bawah peta bahwa "foto tidak terkait lokasi sebenarnya", untuk menghindari kritik jika ternyata tempat yang mereka kunjungi bukan kelab malam. Namun publik tidak akan memperhatikan hal itu dan mulai berspekulasi dan menebak kelab malam mana di daerah itu yang mungkin mereka tuju.

Kelab malam yang berada di area yang disorot di peta mengeluh dan memprotes Dispatch, mengatakan, "Kami tidak pernah mendengar tentang selebritis yang datang ke kelab kami pada hari itu dari pekerja paruh waktu kami. Kami memprotes Dispatch." Seorang sumber menyatakan bahwa, "Rumor tentang lokasi ketiga adalah kelab malam sama sekali tidak benar."

Selain itu, Dispatch melaporkan bahwa, "Jungkook, Cha Eunwoo, Jaehyun, Mingyu menjalani tes COVID-19 dan hasilnya semua negatif. Namun mengingat periode inkubasi, kalian dianjurkan harus berhati-hati selama minimal dua minggu (itu berarti hingga 10 Mei)."

Dispatch sudah tahu hasil tesnya negatif, tapi mereka tidak menerbitkan artikel pada hari geng 97 pergi ke klinik dan menjalani tes COVID-19 dan menunggu hingga 18 Mei. Mereka mengatakan bahwa mengingat masa inkubasi, para idol dikritik karena tidak berhati-hati selama dua minggu.

Dispatch 2

Source: Pann

Namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit sebenarnya mengatakan sebaliknya. Mereka mengumumkan bahwa mulai 20 April hingga 5 Mei, pemerintah meringankan aturan jarak sosial yang ketat. Laporan Dispatch mengenai geng 97 harus berhati-hati selama setidaknya dua minggu disebut bohong.

Aturan jarak sosial dilonggarkan dari 20 April hingga 5 Mei, pada waktu itu, semua restoran dan bar dapat beroperasi, orang tidak dilarang pergi ke sana. Geng 97 pergi ke Itaewon pada 25 April, yang berarti bahwa mereka bahkan tidak melanggar aturan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit sejak awal. Namun beberapa orang mengkritik mereka karena tidak mengisolasi diri selama dua minggu tanpa mengetahui aturan pemerintah.

Dikatakan bahwa pertama-tama, geng 97 tidak melakukan kontak dengan pasien yang dikonfirmasi sehingga mereka tidak perlu menjaga jarak selama dua minggu. Juga, inspeksi paksa dan isolasi tidak direkomendasikan sama sekali karena pemantauan aktif hanya diperlukan bagi mereka yang berhubungan dengan pasien yang dikonfirmasi.

Jungkook, Cha Eunwoo, Jaehyun dan Mingyu telah diuji secara sukarela untuk berjaga-jaga. Sejumlah netizen menyayangkan bahwa mereka dipandang seperti kriminal dan disebut menyusahkan tim medis karena laporan Dispatch.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts