Efek Kematian George Floyd, Pendiri Reddit Mundur Minta Digantikan Warga Kulit Hitam
Getty Images
Dunia

Salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian undur diri dari jabatannya sebagai anggota dewan direksi. Ia pun meminta agar posisinya tersebut nanti digantikan oleh warga berkulit hitam.

WowKeren - Salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai dewan direksi. Ia pun meminta agar posisinya tersebut nantinya digantikan oleh orang berkulit hitam.

Keputusan yang diambil oleh Alexis tersebut diduga berkaitan dengan kasus kematian George Floyd pria kulit hitam yang meninggal akibat kekerasan dan sikap rasisme polisi Minneapolis, Amerika Serikat.

Pernyataan itu ia sampaikan melalui utas pada akun Twitter pribadi. Ia juga menyertakan pranala yang mengarah ke tulisan dalam situs pribadi tentang pengunduran diri. "Saya mengundurkan diri dari anggota dewan direksi Reddit. Saya meminta mereka untuk mengisi kursi saya dengan orang kulit hitam," tulis Ohanian.

Efek Kematian George Floyd, Pendiri Reddit Mundur Minta Digantikan Warga Kulit Hitam

Twitter

Ia melanjutkan, "Saya akan menggunakan keuntungan di masa mendatang dari saham Reddit untuk membantu komunitas kulit hitam, terutama untuk melawan rasisme."

Alexis memulai bantuan dengan donasi sebesar USD 1 juta atau setara dengan Rp14 miliar. Donasi akan disalurkan melalui Know Your Rights Camp yang didirikan oleh Colin Kaepernick.


Ia yakin bahwa pengunduran diri merupakan bentuk sikap kepemimpinan dari orang-orang yang saat ini berkuasa. Selain itu ia meminta untuk berjuang memperbaiki bangsa yang hancur.

CEO sekaligus salah satu pendiri Reddit, Steve Huffman, mengatakan akan menghormati permintaan Alexis. Ia mengatakan akan bertanggung jawab atas kebijakan tentang dewan direksi. "Saya ingin bertanggung jawab atas kebijakan kami selama bertahun-tahun yang membawa kami ke sini, dan kami masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan," tulis Huffman

Setelah pengunduran diri Alexis, dewan direksi Reddit beranggotakan lima orang. Dengan rincian satu orang perempuan dan tiga orang laki-laki berkulit putih.

Pada laman utama Reddit tertulis bahwa mereka memerangi konten bernada kebencian dan rasisme. Berdasarkan laporan Business Insider, awal pekan ini beberapa utas populer di Reddit berubah menjadi privat sebagai bentuk protes rasisme.

Meski begitu, Huffman mendapat kecaman di masa lalu karena tidak bersikap terhadap konten kebencian dan rasis pada Reddit. Hal itu membuatnya memberikan pernyataan lewat surat terbuka. "Kami tidak mentoleransi kebencian, rasisme dan kekerasan. Bersamaan dengan pekerjaan yang harus dilakukan untuk melawan ini di platform kami, nilai-nilai kami jelas," pernyataan Huffman.

Pernyataan Huffman mendapat kecaman dari mantan CEO sementara Reddit, Ellen Pao. Menurut Pao, Huffman tidak pantas menggaungkan slogan Black Lives Matter karena Reddit memonetisasi materi kelompok supremasi kulit putih.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru