COVID-19 Bisa Menular Saat Berbicara, Ini Durasi Virus Corona Bertahan Di Udara
Health

Penelitian mengungkapkan jika virus corona dapat menyebar melalui droplet saat orang berbicara. Terungkap, ternyata ini durasi waktu COVID-19 bisa bertahan di udara.

WowKeren - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menjelaskan tentang penyebaran virus corona (COVID-19) yang hanya bisa keluar dari droplet. Penularan melalui droplet yakni ketika ada cairan yang keluar dari sistem pernapasan saat seseorang sedang batuk atau bersin.

Namun, belakangan ini mulai muncul berbagai penelitian yang mengungkap virus corona dapat menular saat orang sedang berbicara. Hal ini menjadi peringatan jika penularan virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut bisa terjadi melalui udara.

Penelitian dari National Institute of Health menyatakan jika berbicara dapat membuat manusia mengeluarkan ribuan droplet. Dalam penelitian ini juga ditemukan bagaimana partikel virus corona yang dilepas saat berbicara dapat bertahan hingga 8-14 menit di udara.


”Ada kemungkinan besar dengan berbicara normal saja bisa menyebabkan penularan virus melalui udara di lingkungan yang terbatas,” kata penelitian itu seperti dilansir dari CNBC, Selasa (16/6). “Hasil pengamatan menggunakan laser juga melihat, berbicara dengan suara keras bisa mengeluarkan lebih banyak droplet dari pernapasan tubuh, sekitar ribuan droplet per detik.”

Lebih lanjut penelitian ini mengungkap jika droplet yang keluar saat berbicara dan berpotensi menularkan virus dapat berasal dari orang tanpa gejala (OTG) atau asimptomatik COVID-19. Kondisi tersebut semakin membuat penularan virus corona dapat terjadi tanpa disadari.

Meski demikian, penelitian masih terus melakukan penelitian bagaimana droplet dapat menyebar di udara. Selain itu, peneliti juga masih berusaha memahami berapa lama virus corona melalui droplet orang berbicara dapat bertahan di udara.

Sejauh ini, peneliti baru menganalisa bagaimana droplet bertahan di ruang tertutup dan stagnan melalui sejumlah percobaan. Hasilnya, droplet yang menyebar di ruang tertutup saat orang berbicara dapat bertahan hingga 8-14 menit.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru