Jadwal CFD Di 32 Titik Jakarta Besok Diubah, Ini Peringatan Dari Gugus Tugas COVID-19
Nasional

Jadwal Car Free Day di 32 titik Jakarta besok telah mengalami perubahan. Jelang CFD, Gugus Tugas COVID-19 juga langsung memberikan peringatan ini bagi warga DKI.

WowKeren - Aktivitas car free day (CFD) akan kembali digelar di sejumlah titik DKI Jakarta pada Minggu (28/6). Dengan ini, besok akan menandai CFD kedua yang dilakukan di Jakarta sejak pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi semasa pandemi virus corona (COVID-19).

Jadwal CFD besok juga akan mengalami perubahan dari minggu lalu, yakni akan dipersingkat. Warga hanya boleh mengikuti car free day selama 3 jam saja, dari pukul 06.00-09.00 WIB.

Pembatasan waktu selama CFD ini merupakan hasil rapat koordinasi antara Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI yang diselenggarakan pada Jumat (26/6) kemarin. Potensi penularan virus corona menjadi pertimbangan utama untuk melakukan pembatasan tersebut.

”CFD di 32 titik tersebut akan berlangsung dari jam 06.00 - 09.00 WIB," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya seperti dilansir dari Detik, Sabtu (27/6). “Iya ini kan lagi pandemi jadi dipersingkat oleh Pemda.”

Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermaawan Karosekali menjelaskan jika CFD di Sudirman-Thamrin ditiadakan. Meski demikian, jalur sepeda sementara (pop up bike lane) tetap dibuka.

Sementara itu, Gugus Tugas COVID-19 juga turut memberikan peringatan bagi masyarakat ibu kota yang berniat mengikuti CFD besok. Warga diminta untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang telah dikeluarkan pemerintah.

Terlebih, CFD pada pekan lalu di Jalan MH Thamrin-Sudirman telah memicu kontroversi. Hal ini disebabkan lantaran banyak warga yang terlihat tidak menerapkan protokol kesehatan.

”Patuhi protokol kesehatan," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto kepada wartawan, Sabtu (27/6). “Saatnya menjalankan pesan. Bukan belanja pesan sebanyak-banyaknya.”

Dalam kesempatan tersebut, Yurianto juga turut ditanya terkait efektivitas CFD yang disebar di 32 titik dan tindakan petugas kepada warga yang berkerumun. Walau begitu, Yurianto enggan menjawab dan lebih menekankan pentingnya protokol yang ada. “No comment ini tanggung jawab pemda. Saatnya kita mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Berikut merupakan 32 ruas jalan yang diterapkan dalam CFD besok:

- Kategori lokasi HBKB tujuh lokasi:

1. Jalan Suryo Pranoto

2. Sisi Danau Sunter Selatan

3. Jalan Gajah Mada

4. Jalan Hayam Wuruk

5. Jalan Pemuda

6. Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari

7. Jalan Percetakan Negara 2

- Kategori Lokasi Jalan untuk Olahraga:

1. Jalan Pejagalan Raya

2. Jalan Paseban Raya

3. Jalan Zamrud Raya


4. Jalan Pramuka Sari I

5. Jalan Danau Tondano

6. Jalan Amir Hamzah

7. Sisi Inspeksi Kali Sunter Rawa Badak Selatan

8. Jalan Kelapa Hibrida Sukapura

9. Jalan Pulau Maju Bersama

10. Jalan Benyamin Sueb

11. Jalan Arteri Pegangsaan Dua

12. Jalan RA Fadillah

13. Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat (KBT)

14. Jalan Raden Inten

15. Jalan Bina Marga

16. Jalan Sultan Iskandar Muda - Arteri Pondok Indah

17. Jalan Tebet Barat Dalam Raya

18. Jalan Kesehatan Raya

19. Jalan Cipete Raya

20. Jalan Puri Harum

21. Jalan Puri Ayu

22. Jalan Puri Elok

23. Jalan Puri Molek

24. Jalan Puri Ayu 1

25. Jalan Puri Molek 1

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru