Hancurkan Industri Perikanan, Amerika Diserbu Ikan 'Vampir'
Dunia

Serbuan ikan 'vampir' ini muncul di Danau Champlain, Vermont, Amerika Serikat, dekat dengan perbatasan Kanada. Peristiwa ini membuat dinas perikanan setempat untuk bertindak sebelum berhasil menghancurkan industri perikanan.

WowKeren - Apabila menyebutkan hewan penghisap darah, sudah pasti yang terbayang dalam pikiran adalah kelelawar vampir. Kali ini ada ikan penghisap darah yang muncul di Amerika Serikat.

Serbuan ikan 'vampir' ini muncul di Danau Champlain, Vermont, Amerika Serikat, dekat dengan perbatasan Kanada. Badan perikanan setempat, Vermont Fish and Wildlife mengatakan ini adalah spesies yang mengganggu karena menghisap darah ikan lain.

Dikutip dari Daily Mail, ikan ini memiliki nama lain yaitu sea lamprey (Petromyzon marinus). Dari namanya, memang habitat aslinya di Samudera Atlantik, ratusan kilometer jauhnya dari Danau Champlain.

Spesies lain dari sea lamprey ditemukan juga di Sungai Connecticut dan anak sungainya. Namun sea lamprey yang ada di sungai ini dianggap tidak berbahaya, seperti diberitakan Miami Herald.

Dinas perikanan setempat telah mengamankan serbuan ikan vampir yang ada di Danau Champlain. Pasalnya, serbuan ini dinilai akan mengganggu ekosistem di Danau Champlain.


Namun, ikan sea lamprey ini tetap dibiarkan di Sungai Connecticut karena membawa manfaat biologis dengan menjadi sumber makanan untuk predator lain. "Sea lamprey ini hewan lokal di Sungai Connecticut dan punya peran penting dalam ekosistem. Jangan takut kalau lihat sea lamprey atau bangkainya," kata Lael Will dari Vermont Fish and Wildlife.

Siklus hidup ikan ini sendiri saat dewasa tinggal di Samudera Atlantik, namun mereka bertelur di sungai air tawar. Bayi ikan vampir ini tinggal di sungai, saat dewasa mereka berenang kembali ke lautan.

Ikan ini memiliki tubuh seperti belut. Satu ekor ikan 'vampir' ini mampu membunuh 18 kg ikan per tahun.

Mereka menempel pada tubuh ikan lain dengan mulut bulat seperti penghisap dan gigi yang sangat tajam. Mereka menghisap darah dan cairan tubuh ikan lain yang ditempelinya.

Perlu diketahui, pada tahun 1940-an, ikan ini pernah menyerbu dan menghancurkan industri perikanan trout di Great Lakes, Amerika Serikat. Produksi 6,8 ton jadi tinggal 136 kg saja di tahun 1960-an.

Burung pemakan ikan dan bebek adalah predator ikan penghisap darah ini. Selain itu, sea lamprey ini rupanya biasa dikonsumsi di Amerika dan Eropa dengan cara dibakar langsung, atau dimasak menjadi makanan lezat.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait