Ini Tips Dokter Agar Aman Dari Virus Corona Jika Menular Lewat Airborne
menpan.go.id
Health

WHO menyatakan virus corona kemungkinan memang dapat menular lewat udara. Berikut merupakan tips dari dokter agar tetap aman dari COVID-19 yang menyebar secara airborne.

WowKeren - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui jika penyebaran virus corona (COVID-19) kemungkinan melalui udara (airborne). Pengakuan ini diungkapkan setelah WHO menerima surat dari ratusan peneliti di sejumlah sejumlah negara.

Selama ini, WHO dalam rekomendasi resmi mereka telah menegaskan jika penyebaran COVID-19 hanya terjadi melalui droplet. Menurut penjelasan WHO, penularan terjadi saat droplet atau percikan yang keluar saat batuk dan bersin lebih kecil dari 5 mikron.

Namun setelah ada 239 ilmuwan dari sejumlah negara yang meneliti dan meyakini jika virus corona menyebar melalui airborne, WHO mulai melakukan penelitian ulang. WHO juga telah didesak untuk segera mengubah rekomendasi maupun protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Praktisi Kesehatan, dr Vito A Damay mengaku jika penyebaran virus corona melalui airborne bukan sesuatu yang mengejutkan. Selama ini, ia mengatakan cukup mempertimbangkan kemungkinan virus asal Wuhan tersebut menular melalui udara.

Menurutnya, secara logis droplet atau percikan liur yang halus keluar dari mulut saat bersin atau batuk bersifat ringan. Hal ini menyebabkan cairan tersebut yang kemungkinan sudah terkena virus bertahan lama di udara dan tertiup oleh angin.

”Sementara droplet masih melayang di udara,” kata dr Vito seperti dilansir dari Detik, Rabu (8/7). “Maka memungkinkan untuk dihembuskan angin atau masih tetap melayang dan terhirup oleh orang lain.”

”Itulah kenapa kami dokter-dokter praktisi selalu direkomendasikan menggunakan N95 ketika berpraktik bahkan di poliklinik rawat jalan,” sambungnya. “Terutama risikonya besar ketika dalam ruangan ramai orang dan sirkulasi udara tidak baik.”


Vito lantas membagikan sejumlah tips bagi masyarakat agar tetap aman dari virus corona jika memang terbukti menular melalui airborne. Berikut merupakan tips-tipsnya:

1. Untuk beberapa aktivitas, penggunaan ruangan outdoor atau semi outdoor lebih aman.

2. Batasi orang dalam ruangan sesedikit mungkin.

3. Batasi waktu dalam ruangan seminimal mungkin.

4. Sediakan ventilasi atau exhaust fan dalam ruangan.

5. Tetap pakai masker dalam ruangan.

6. Tetap jaga jarak sehat.

7. Usahakan sebisa mungkin tidak keluar rumah.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait