Pecah Rekor Hampir 2 Ribu Kasus Corona Sehari, Kurva Ini Buktikan Warga Memang Makin 'Akrab'
Nasional

Indonesia menorehkan rekor nasional baru pada Rabu (8/7) kemarin dengan mencapai 1.853 kasus positif Corona dalam sehari. Salah satu alasannya diduga karena masyarakat sudah 'lupa' protokol jaga jarak.

WowKeren - Indonesia kemarin (8/7) mencatatkan rekor baru kasus positif COVID-19 harian, yakni 1.853 orang. Dengan demikian sudah nyaris 70 ribu orang yang terkonfirmasi positif mengidap infeksi saluran pernapasan tersebut.

Pemerintah sendiri memiliki dugaan alasan di balik peningkatan signifikan jumlah kasus positif ini. Yang pertama terkait dengan jumlah uji spesimen yang dilakukan, sedangkan yang kedua karena masyarakat yang diklaim sudah kembali "akrab" alias lupa dengan peraturan physical distancing atau jaga jarak.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, menyebut saat ini laju penularan COVID-19 di tengah masyarakat masih sedemikian tinggi. Masih kerap dijumpai warga yang tak patuh pada protokol kesehatan, bukan hanya dari segi jaga jarak tetapi juga pemakaian masker dan kebiasaan cuci tangan.

"Banyak yang menggunakan masker, tetapi dengan benar belum dilakukan. Hanya menutup mulut, ini yang paling banyak," beber Yuri dalam konferensi persnya, Rabu (8/7). "Tidak rajin cuci tangan dan tidak menjaga jarak juga menjadi masalah utama."


Untuk melihat tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjaga jarak, indikator yang bisa dirujuk adalah Social Distancing Index yang disusun oleh Citi. Parameternya, bila angkanya semakin menjauhi nol maka masyarakat di suatu negara semakin berjarak alias patuh pada social distancing. Dan begitu pula hal sebaliknya.

Merujuk pada data Social Distancing Index yang dikutip CNBC Indonesia, per 3 Juli 2020, Indonesia mencatatkan angka -20. Namun pada pekan sebelumnya, yakni per 27 Juni 2020, indeks Indonesia pada angka -22 alias lebih jauh dari angka nol. Dengan demikian bisa disimpulkan warga Indonesia bak sudah "lupa" dengan protokol kesehatan untuk menjaga jarak satu sama lain di tengah pandemi.

Pecah Rekor Hampir 2 Ribu Kasus Corona Sehari, Kurva Ini Buktikan Warga Memang Makin \'Akrab\'

CNBC Indonesia/Citi

Selain itu, perkara jumlah spesimen yang dites pada hari ini pun ikut mempengaruhi. Diketahui kemarin Indonesia berhasil memeriksa hingga 22.183 spesimen, yang tentu akan berbanding lurus dengan jumlah pasien positif yang teridentifikasi.

Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara dengan jumlah tes Corona terbanyak. Ini adalah hal yang positif sehingga lebih banyak pasien COVID-19 yang teridentifikasi sehingga bisa segera mendapatkan perawatan serta dikarantina demi mengurangi potensi penularan lebih lanjut.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru