Geger Media Tiongkok Klaim Batik Sebagai Kerajinan Asli Negaranya
Dunia

Media Tiongkok, China Xinhua News, mengklaim batik sebagai kerajinan tradisional negara tersebut. Klaim yang disampaikan lewat postingan Twitter ini pun langsung menuai kecaman dari warganet.

WowKeren - Banyak pihak mengenal batik sebagai kerajinan asli Indonesia. Namun tak sedikit pula yang berusaha mengklaim kerajinan yang dibuat dari coretan lilin panas di atas kain ini karena nilai seni dan komersialnya yang luar biasa.

Salah satu yang baru-baru ini ikut mengklaim batik adalah Tiongkok. Negara Tirai Bambu itu, melalui media China Xinhua News menyebut bahwa Batik merupakan kerajinan asli Tiongkok.

"Batik adalah kerajinan tradisional yang lazim ditemui di beberapa kelompok etnis Tiongkok," tulis China Xinhua News pada Minggu (12/7) siang. "Menggunakan lilin yang dilelehkan dan alat seperti spatula, pengrajin batik mewarnai kainnya dan memanaskan untuk menghilangkan kandungan lilinnya. Simak bagaimana evolusi batik dari era tradisional sampai modern. #AmazingChina."

Twitter


Dalam video itu tampak perajin batik yang membuat pola dan mewarnai kain selayaknya perajin serupa di Indonesia. Beragam motif dibuat, ditorehkan baik di kain maupun media lain seperti topi.

Tak pelak postingan ini langsung diramaikan oleh beragam komentar, terutama dari warganet Indonesia. Mereka pun menegaskan bahwa batik adalah kerajinan asli Indonesia.

"Batik adalah kerajinan asli Indonesia, tepatnya di Jawa, yang kemudian menyebar ke berbagai daerah Asia termasuk India dan Tiongkok. Jangan memutarbalikkan fakta bahwa batik berasal dari Tiongkok," ujar @sr****24. "Sejak dahulu kala (berasal dari Indonesia) yang kemudian DITIRU oleh Tiongkok."

"(Kata) batik diambil dari bahasa Jawa 'ambatik', berarti membuat pola dengan titik atau bercak. Jadilah negara yang memiliki kebanggaan tersendiri, jangan hanya meniru dan mengklaim kepemilikan negara lain," imbuh @Kik******ku.

"Teknik pewarnaan dengan lilin sudah digunakan orang sejak zaman dahulu kala seperti bangsa Mesir, India, Afrika, dan Tiongkok... Tapi saya ragu orang Tiongkok menyebut kerajinan itu sebagai 'batik'. Kenalkan saja (kerajinan itu) dengan aksara Tiongkok atau pinyin alih-alih batik. Kata 'batik' dari Bahasa Indonesia," tulis @Di****no.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru