Jatim Laporkan Angka Kesembuhan Tertinggi Nasional Selama 5 Hari Berturut-turut
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai bahwa angka kesembuhan yang terus meningkat ini adalah bukti inovasi Pemprov Jatim dalam merawat pasien corona.

WowKeren - Provinsi Jawa Timur melaporkan angka kesembuhan (recovery rate) COVID-19 tertinggi di tingkat nasional selama lima hari berturut-turut. Adapun angka kesembuhan pasien positif COVID- 19 di Jatim kini telah mencapai 40,67 persen.

"Alhamdulillah, selama lima hari berturut-turut ini kesembuhan pasien COVID-19 di Jatim merupakan yang tertinggi secara nasional," tutur Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi Surabaya pada Selasa (14/7). Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Jatim melaporkan 219 kasus baru dan 268 pasien sembuh pada Senin (13/7) kemarin.


Lalu pada Minggu (12/7), Jatim melaporkan 207 pasien COVID-19 sembuh. Pada Sabtu (11/7), Jatim melaporkan 318 pasien COVID-19 sembuh. Pada Jumat (10/7), jumlah pasien sembuh di Jatim mencapai 234 orang.

Dan pada Kamis (9/7), Jatim melaporkan 263 pasien COVID-19 sembuh. Angka kesembuhan Jatim dalam lima hari tersebut merupakan angka tertinggi di tingkat nasional.

"Total per hari ini pasien sembuh di Jatim mencapai 6.858 setara dengan 40,67 persen dari total kasus positif di Jatim," terang Khofifah. "Kita terus berdoa bersama semoga semakin banyak warga Jatim yang sembuh dari COVID-19."

Sejak kunjungan Presiden Joko Widodo pada 25 Juni 2020 lalu, angka kesembuhan COVID-19 secara kumulatif di Jatim telah mencapai 3.374 pasien. Menurut Khofifah, angka kesembuhan COVID-19 Jatim kini telah meningkat drastis dibandingkan pada saat kunjungan Jokowi.

"Kami terus berikhtiar, berharap, dan optimistis tingginya angka kesembuhan pasien COVID-19 ini bisa segera membuat Jatim melalui masa darurat pandemi," kata mantan Menteri Sosial tersebut. "Sesuai instruksi dari Presiden Jokowi."

Lebih lanjut, Khofifah menilai bahwa angka kesembuhan yang terus meningkat ini adalah bukti inovasi Pemprov Jatim dalam merawat pasien corona. Beberapa di antaranya adalah one gate referral system, pembuatan pedoman perawatan terpadu, hingga penggunaan plasma convalesent maupun karantina terpusat di RS Darurat Indrapura.

"Meskipun recovery rate di Jatim terus meningkat, namun kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan harus tetap dijaga," pungkas sang Gubernur. "Masyarakat harus tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts