Satgas Ungkap Ada Tambahan 18 Zona Merah COVID-19 Dalam Sepekan, Mana Saja?
Getty Images
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Jubir Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengungkap ada tambahan sampai 18 zona merah dalam sepekan belakangan, sehingga total ada 53. Berikut daftar lengkapnya.

WowKeren - Indonesia mencatatkan "capaian luar biasa" dari segi perkembangan wabah COVID-19 pada Senin (27/7). Sebab total kumulatif kasus COVID-19 hingga Senin mencapai 100.303 kasus.

Tak hanya itu, rupanya dalam sepekan belakangan, terjadi lonjakan luar biasa dari segi jumlah zona merah penyebaran COVID-19. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menyebut bahwa ada tambahan 18 kabupaten/kota berstatus zona merah sehingga totalnya mencapai 53.

"Ini bukan kabar menggembirakan. Ini menjadi perhatian kita bersama," jelas Wiku yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 dalam konferensi pers virtualnya di Istana Kepresidenan, Jakarta.


Padahal pada pekan lalu, yakni Minggu (19/7), tercatat ada 35 kabupaten/kota dengan zona merah. Ada penurunan hingga mencapai angka tersebut, membuat sejumlah pihak sempat optimis wabah COVID-19 di Indonesia akan segera berakhir.

Namun nyatanya justru kembali terjadi peningkatan. "Terlihat kenaikan persentase jumlah kabupaten/kota yang jumlah risiko tinggi yaitu merah dari minggu lalu 6,81 persen jadi 10,31 persen," tutur Wiku.

Dalam rentang waktu yang sama, Satgas juga mencatat ada penambahan menjadi 185 zona oranye di seluruh Indonesia. "Zona oranye risiko sedang naik menjadi 35,99 persen dari pekan lalu 32,8 persen," jelas Wiku, seperti dilansir dari Kompas.

Lantas di mana saja zona merah ini? Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir dari data yang disampaikan Satgas.

  1. Sumatera Utara: Kota Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Kabupaten Deli Serdang, Karo, dan Kota Medan
  2. Sumatera Selatan: Kota Palembang
  3. Sulawesi Utara: Kota Tomohon, Kota Manado, dan Kota Bitung
  4. Sulawesi Tenggara: Buton
  5. Papua: Jayapura
  6. Sulawesi Selatan: Kota Palopo
  7. Nusa Tenggara Barat: Kota Mataram dan Sumbawa
  8. Kalimantan Timur: Barito Timur, Murung Raya, Barito Selatan, dan Kota Palangkaraya
  9. Kalimantan Selatan: Kota Banjarbaru, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Kota Banjarmasin
  10. Jawa Timur: Jombang, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Mojokerto, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, dan Sidoarjo
  11. Jawa Tengah: Kota Surakarta, Kota Semarang, Kudus, Grobogan, Kendal, Rembang, Demak, dan Jepara
  12. Gorontalo: Kota Gorontalo, Bone Belango, dan Boalemo
  13. DKI Jakarta: Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara
  14. Bali: Kota Denpasar
(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts