H-1 Idul Adha, Ribuan Pemudik Bondong-Bondong Naik Kereta Di Stasiun Senen
Nasional

Menyambut Hari Raya Idul Adha yang sudah tinggal H-1, ribuan pemudik terpantau berbondong-bondong meninggalkan stasiun Pasar Senen pada Kamis (30/7) pagi.

WowKeren - PT Kereta Api Indonesia (KAI) membeberkan adanya lonjakan tajam penumpang jelang Idul Adha yang jatuh pada Jumat (31/7). Tingginya angka penumpang kereta ini diketahui dari kepadatan pemudik yang berada di Stasiun Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (30/7) pagi.

KAI mengatakan jika lonjakan penumpang mencapai dua kali lipat di H-1 Idul Adha. Tercatat, sudah ada total 3.900 orang yang diberangkatkan dari Stasiun Senen pada pagi ini.

Kalau kita lihat dari sisi volume penumpang,” kata Kepala Humas PT KAI DAOP 1, Eva Chairunisa di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, seperti dilansir dari Detik pada Kamis (30/7). “Memang mengalami peningkatan dari dibandingkan minggu lalu ya.”

”Kalau kita melihat akhir pekan, peningkatannya itu meningkat 2 kali lipat,” sambungnya. “Dan untuk akhir pekan ini, tanggal 30 Juli yang berangkat itu ada sekitar 3.900 orang.”

Angka tersebut bahkan diprediksi KAI akan terus bertambah pada hari ini. Pasalnya, proses pemesanan tiket sendiri masih terus dibuka hingga malam hari. Eva menjelaskan jika KAI juga telah menambah 4 perjalanan kereta api dari Stasiun Senen.


Total ada 11 perjalanan kereta api yang berangkat dari Daerah Operasional 1. Diantaranya tujuan Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Eva mengungkapkan jika daerah yang paling banyak dituju oleh pemudik adalah Yogyakarta. Kemudian disusul Tegal, Semarang, Purwokerto, Purwosari, dan Surabaya.

”Tapi jumlah ini mungkin akan bertambah karena proses reservasi masih berlangsung ya, karena ada kereta yang berangkat malam nanti,” jelas Eva. “Untuk 30 Juli 2020, ada 4 penambahan perjalanan kereta ini keberangkatan dari Stasiun Gambir, dari Stasiun Gambir ada tujuan relasi Solo, kemudian relasi Yogyakarta, kemudian ada juga Surabaya Pasar Turi dan Surabaya Gubeng, seperti itu.”

”Jadi totalnya di tanggal ini, ada 11 perjalanan KA, 7 dari Stasiun Gambir, 4 perjalanan KA dari Stasiun Pasar Senen,” sambungnya. “Kalau memang destinasi yang paling banyak dituju karena memang ini hampir merata kepadatan penumpangnya, namun tetap penjagaan physical distancing ya. Jadi kalau kita melihat tujuan-tujuannya ada ke Yogyakarta, Surabaya Pasar Turi, kemudian Tegal, Purwosari, Purwokerto, Semarang.”

Sementara untuk kapasitas penumpang, KAI telah menyediakan 4.385 tempat duduk bagi para calon penumpang hari ini di Stasiun Senen. KAI juga menegaskan tetap menerapkan aturan physical distancing di tempat duduk kereta.

”Kalau secara total, ketersediaan tempat duduk untuk hari ini, itu ada sekitar 4.385 ketersediaan tempat duduk,” terang Eva. “Ini merupakan kapasitas 70 persen dari total kapasitas semuanya, karena memang tetap dilakukan pembatasan untuk physical distancing.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru