Geger Mulan Jameela Cecar Bos PLN Soal Utang Triliunan Rupiah, Justru Ramai Dihujani Reaksi Sinis
Instagram/mulanjameela1
Selebriti

Mulan Jameela mempertanyakan soal utang PLN yang mencapai triliunan rupiah dalam rapat komisi dengan Dirut PLN pada Selasa (25/8) kemarin. Di kesempatan itu, Mulan menyoroti kondisi keungan PLN yang tidak sehat.

WowKeren - Mulan Jameela disibukkan dengan tugas sebagai anggota DPR RI. Anggota Komisi VII dari Fraksi Gerindra ini menyoroti kondisi keuangan PT PLN (Persero) saat rapat dengan Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini pada Selasa (25/8) kemarin.

Istri dari Ahmad Dhani itu membahas utang PLN yang jumlahnya makin membengkak. Ia menyoroti laporan keuangan PLN di kuartal I-2020 memiliki utang jangka panjang mencapai Rp537 triliun serta utang jangka pendek sebesar Rp 157,79 triliun.

"Seperti diketahui utang untuk membiayai proyek infrastruktur listrik 35.000 MW. PLN tidak punya dana sendiri sehingga harus melakukan pinjaman kepada perbankan Rp100 triliun per tahun untuk tujuan membangun pembangkit," kata Mulan Jameela seperti dilansir dari Detik. "Dengan kondisi keuangan seperti ini tentu saja cukup mengagetkan dan tidak sehat."

Mulan kemudian mempertanyakan upaya PLN untuk menjamin ketersediaan listrik tanpa adanya kenaikan tarif. "Yang ingin saya tanyakan dengan kondisi seperti ini bisakah PLN menjamin ketersediaan listrik nasional tanpa harus menaikkan tarif listrik kepada masyarakat," katanya.

Lebih lanjut, perempuan pemilik nama asli Raden Terry Tantri Wulansari ini mempertanyakan cara PLN membayar utang tersebut. "Apa langkah yang dilakukan PLN untuk mengatasi dan membayar utang tersebut," lanjutnya.


Zulkifli menanggapi pertanyaan Mulan tersebut. Ia mengungkap akan mencoba untuk menjaga kondisi keuangan PLN dengan baik.

"Mengenai utang kami, utang jangka panjang Rp 530 triliun, utang jangka pendek Rp 150 triliun lebih," jelasnya. "Kami sangat paham dengan itu dan memang situasi seperti ini komitmen kami adalah menjaga sustainability keuangan PLN terjaga dengan baik."

Di sisi lain, netizen ramai menanggapi kritik Mulan Jameela pada bos PLN tersebut. Namun sebagian besar netizen justru memberi tanggapan sinis menilai Mulan tidak paham tentang apa yang dikritiknya.

"Kayak yg ngarti aja," tulis akun @yuki***. "Emang bisa baca laporan keuangan dia? G yakin gw," sambung akun @nia***. "Sok kritik hutang pln biar di bela ibu ibu ye?taunya malah makin dihina," kata akun @ray***. "Dia mana ngerti yg beginian, pertanyaan itu pertanyaan titipan, pasti sdh di siapkan," komentar akun @dunia***. "Yang kritis staff khususnya, dia tinggal baca," seru akun @freya***. "Ibu dewan.hasil.rampas.kursi orang pintar juga," tulis akun @fiasa***.

(wk/tria)

You can share this post!

Related Posts