Google Meet dan Classroom Tumbang, 'Harapan' Siswa Belajar Online Menghilang
Dunia

Sejumlah layanan Google, seperti Google Meet, Google Classroom, dan lainnya tumbang sejak Jumat (25/9) pagi tadi. Hal ini tentunya berimbas pada belajar online para siswa di sejumlah negara di dunia.

WowKeren - Sejumlah layanan Google, seperti Google Meet, Google Classroom, Google Drive, Google Docs, dan lainnya dilaporkan tumbang sejak Jumat (25/9) pagi tadi. Tumbangnya layanan Google tersebut berimbas pada kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang terhenti.

Bahkan hal ini telah ramai diperbincangkan di media sosial Twitter. Bahkan kata kunci "Google" pun telah menjadi trending topic di Twitter.

Meskipun di situs pemantauan server Google sendiri tidak menunjukkan masalah apa pun. Namun, berdasarkan situs DownDetector gangguan layanan Google terjadi sejumlah wilayah, termasuk Indonesia. Adapun negara lain yang terdampak adalah Malaysia, Jerman, Italia, Australia dan masih banyak lagi.

Salah seorang murid bahkan menceritakan susahnya dia melanjutkan kelas kimia karena server dari Google Meet sempat down. Adapula warganet yang menyebutkan jika tak hanya Google Classroom yang tumbang, tapi semua layanan Google termasuk Play Store di perangkat android juga.


Google Meet dan Classroom Tumbang, \'Harapan\' Siswa Belajar Online Menghilang

Twitter

Selain itu ada netizen yang mempertanyakan kapan Indonesia memiliki fasilitas seperti Google. "Kapan ya, Indonesia punya fasilitas seperti Google ClassRoom? GoogleMeet? GoogleDocs, Drive, Mail, dan Youtube? Khusus utk pendidikan anakĀ² kita." ujar netizen tersebut.

Hingga saat ini, pihak Google masih belum memberikan komentar atau keterangan apa pun mengenai gangguan yang terjadi. Tumbangnya layanan Google ini bukanlah yang pertama kali terjadi.

Pada pertengahan Agustus 2020 lalu, Google juga sempat down. Tidak lazim jika banyak layanan Google mengalami gangguan. Biasanya, hanya satu layanan yang terpengaruh. Namun kali ini, ini jelas merupakan masalah yang jauh lebih luas.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts